Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Annisa Pohan Terharu Banyak Masyarakat Iringi Pemakaman Ani Yudhoyono

Kompas.com - 02/06/2019, 19:27 WIB
Andika Aditia,
Irfan Maullana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presenter sekaligus menantu Ani Yudhoyono, Annisa Pohan, mengaku terharu melihat besarnya antusias masyarakat yang hadir untuk mengiringi prosesi pemakaman mertuanya tersebut.

Annisa yang merupakan istri Agus Harimurti Yudhoyono tak menyangka animo masyarakat sebesar itu.

Pernyataan itu dilontarkan Annisa saat ditemui di sela-sela prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2019).

"Kami sekeluarga begitu terharu bahwa begitu banyak kasih sayang dari masyarakat ke Ibu Ani, andai Ibu Ani melihat ini pasti ibu sangat bahagia," ucapnya.

Baca juga: Dina Lorenza: Ibu Ani Yudhoyono Selalu Nasihati Saya untuk Jadi Wanita Kuat

Menurut Annisa, ia menyaksikan ribuan masyarakat yang mengiringi kepergian Ani Yudhoyono sejak jenazah tiba di rumah duka di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu (1/6/2019) malam.

"Masyarakat luar biasa banyaknya, tadi dari Cikeas juga sampai ke sini (Kalibata) pinggir jalan berjejer mengantarkan Ibu ke tempat peristirahatan terakhirnya," kata Annisa.

Sementara, dari pantauan Kompas.com di lokasi, masyarakat mulai berjejalan di sekitar area pemakaman sejak siang hari.

Saat iring-iringan ambulans jenazah melintas, masyarakat tak hentinya menyampaikan rasa duka dan kasih sayangnya kepada istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Ani Yudhoyono meninggal di Singapura pada Sabtu (1/6/2019), pukul 11.50 waktu setempat. Ani menjalani perawatan selama empat bulan sebelum mengembuskan napas terakhir.

Kondisi Ibu Negara RI ke-6 itu sempat membaik dan merasakan keluar rumah sakit selama tiga hari.

Namun, kondisinya kembali memburuk beberapa hari lalu dan menjalani perawatan di ICU hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com