Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ariel NOAH Sebut Raditya Dika Berhasil Patahkan Mitos Dunia Tarik Suara

Kompas.com - 11/06/2019, 07:15 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Penulis, sutradara, dan komedian Raditya Dika mampu mematahkan salah satu mitos di dunia tarik suara ketika ia menjadi penyanyi latar untuk grup band NOAH.

Dalam video berjudul "Separuh Aku - NOAH feat. Raditya Dika" di kanal YouTube NOAH, Ariel sang vokalis mengungkapkan itu.

"Kalau ada mitos bilang kalau zaman sekarang, orang yang enggak bisa nyanyi juga bisa diakal-akalin, sebenarnya enggak benar juga," kata Ariel seperti dikutip Kompas.com, Selasa (11/6/2019).

"Jadi enggak benar kalau orang enggak bisa nyanyi terus diedit, langsung bisa kedengeran enak (suaranya). Mitos! he he he," tambahnya.

Ariel mengatakan itu setelah ia sudah tak tahu harus melakukan apa lagi terhadap suara Raditya Dika. Sebelumnya, Radit melakukan rekaman untuk menjadi penyanyi latar dalam lagu "Separuh Aku".

Namun, sekeras apa pun Ariel dan tim mengutak-atik dan mempermak suara Radit dengan auto tune, vokal si penulis buku Kambing Jantan tersebut tetap saja sumbang.

Baca juga: Demi Keluarga, Raditya Dika Atur Jadwal Kerja Maksimal 3 Jam Sehari

"Biasanya kalau orang nyanyi false, ada auto tune gitu. Tapi bukan berarti sulap sih. Coba kita masukin auto tune. Ini (suara Radit) kayaknya enggak ketolong juga sama auto tune," kata Ariel.

Ia kemudian memutuskan menggunakan melodyne yang levelnya lebih di atas auto tune. Namun, tetap saja tak berhasil.

"Ini namanya melodyne, itu buat ngedit vokal. Melodyne itu lebih serius lebih detail buat ngedit. Cuma... Ha ha ha," kata Ariel.

"Nada bisa kita atur sampai dia nyampe ke nadanya, tapi rasanya itu hilang sama sekali loh kalau orang enggak bisa nyanyi he he he. Belum lagi penjiwaan, biar sedihnya dapat segala macam," imbuhnya.

Ariel pun berkesimpulan bahwa Radit benar-benar buta nada. Sebab menurut dia, biasanya jika vokal hanya sedikit sumbang, bisa dipoles dengan melodyne.

"Tapi soul-nya tetap harus dapat juga. Teknologi belum tentu bisa ngebantu orang untuk bisa jadi penyanyi sih. Ini sudah maksimal. Intinya Raditya Dika itu penulis hebat, pelawak hebat, nulis skenario film bagus banget. Kalau gue nulis skenario film belum tentu bisa," ujar Ariel.

"Cuma kalau dia maksain nyanyi, ya begini jadinya sih. Ini sudah maksimal kita. Orang punya tempatnya masing-masing, punya keahliannya masing-masing. Maksimalkan apa yang kita punya aja sih sebetulnya. Jangan maksain kayak gini ha ha ha," sambungnya.

Bidik layar video YouTube NOAH berjudul Separuh Aku - NOAH Feat. Raditya Dika.YouTube/NOAH Bidik layar video YouTube NOAH berjudul Separuh Aku - NOAH Feat. Raditya Dika.
Baca juga: Raditya Dika Jadi Penyanyi Latar NOAH, Ariel Meringis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com