Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iqbaal Ramadhan: Dilan dan Iqbaal Itu Dua Orang yang Berbeda

Kompas.com - 19/06/2019, 18:14 WIB
Ira Gita Natalia Sembiring,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Artis peran dan penyanyi Iqbaal Ramadhan mengatakan dirinya sudah bisa melepaskan karakter Dilan dan masuk ke dalam karakter Minke, tokoh yang dia perankan dalam film Bumi Manusia.

Hal itu dikatakan Iqbaal dalam jumpa pers peluncuran poster film Bumi Manusia di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/6/2019).

"Bisa (lepaskan karakter Dilan), karena shooting-nya sudah kelar. Kalau belum, mati saya. Itu juga mungkin semua yang terlibat dalam film (Bumi Manusia) ini aware," kata Iqbaal.

Menurut Iqbaal, karakter Dilan menjadi begitu melekat dalam dirinya, karena saat itu dia sudah lama tidak muncul di dunia hiburan.

Baca juga: Devano Danendra Pasrah Dibandingkan dengan Iqbaal Ramadhan

"Saya aware sekali, saya dibilang Dilan walaupun keluarga dan teman-teman saya bilang gitu, Dilan dan Iqbaal itu dua orang yang berbeda," tutur Iqbaal.

"Momennya adalah saya sudah lama enggak di industri hiburan, lalu saya keluar dengan Dilan, dan itu jadi branding saya. Jadi saya tidak komplain," lanjutnya.

Meski tidak masalah dengan hal tersebut, mantan personel boyband CJR itu mengaku tidak ingin karakter Dilan selalu melekat didirinya.

"Tapi yang saya pengin sampein juga ketika saya jadi pekerja seni, saya enggak mau selalu melekat dengan nama Dilan," imbuhnya.

Untuk itu, Iqbaal berusaha keras agar bisa memerankan tokoh Minke, dari karya sastrawan besar Indonesia, Pramoedya Ananta Toer.

"Karena berakting itu imitating someone else life dan kebetulan lagi lagi ini buku. Yang baca mungkin lebih banyak dari film saya sebelumnya. Range-nya juga lebih besar termasuk sastrawan dan saya juga fully aware sama itu," tambah Iqbaal.

Baca juga: Alasan Hanung Bramantyo Pilih Iqbaal Ramadhan untuk Perankan Minke

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com