Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanung Bramantyo Pantang Menyerah Bangkitkan Annelies dari Mawar De Jongh

Kompas.com - 09/07/2019, 13:56 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo meyakini Mawar de Jongh adalah artis peran yang tepat untuk membawakan karakter Annelies dalam film Bumi Manusia.

Karena itu Hanung pantang menyerah untuk membangkitkan karakter Annelies dalam diri artis berusia 17 tahun itu.

“Secara tubuh, pikiran, dan jiwa, Mawar sudah cukup memasuki alam Annelies. Apalagi didukung ayah Mawar yang juga warga Belanda sehingga bahasa Belanda bukanlah bahasa asing bagi Mawar," kata Hanung melalui siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (9/7/2019).

Namun Mawar rupanya masih memerlukan bimbingan untuk membangkitkan rasa yang dimiliki karakter Annelies.

"Hanya saja, pengalaman batin yang mestinya diolah menjadi kekuatan bagi Mawar, rupanya dikubur. Dia lupakan. Hal itu sangatlah wajar dilakukan oleh semua manusia, apalagi usianya seumur Mawar. Tapi bagi aktor, pengalaman batin semacam itu menjadi modal besar," kata Hanung.

Hanung pun melakukan berbagai cara untuk membangkitkan trauma yang sama dalam diri Mawar.

"Mungkin karena sungkan atau takut jika dia melakukan itu akan memunculkan traumanya, maka saya kemudian mendorongnya sampai dia terjatuh," ujar Hanung.

"Tapi lagi-lagi kami melakukannya tidak dalam rangka menyakiti, tapi untuk menghadirkan ingatan emosi yang sudah sejak lama dia kubur," imbuh suami Zaskia Adya Mecca ini.

Baca juga: Sehari Tayang, Trailer Bumi Manusia Trending di YouTube

Menurut Hanung, cara itu berhasil. Dara bernama lengkap Mawar Eva de Jongh itu berhasil mengeluarkan semua rasa yang ia simpan.

"Setelah itu semua yang dia simpan keluar dengan sendirinya. Permainannya sangat natural ketika memekikkan kepedihan,” ungkap Hanung.

Selain Mawar De Jongh film Bumi Manusia itu dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar De Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Giorgino Abraham, Jerome Kurniawan dan lainnya.

Film yang diangkat dari karya sastra Pramoedya Ananta Toer ini akan tayang pada 15 Agustus 2019.

Baca juga: Ketika Minke Mencari Kebebasan dalam Trailer Bumi Manusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com