Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Penampilan Iqbaal Ramadhan sebagai Minke di Bumi Manusia

Kompas.com - 02/07/2019, 19:26 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan shooting film Bumi Manusia yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya penulis Pramoedya Ananta Toer sudah rampung.

Artis peran Iqbaal Ramadhan yang memerankan Minke mengunggah 10 potret karakternya saat shooting berlangsung di beberapa tempat.

Kesepuluh foto tersebut dibidik oleh Yusuf Yudo, yang juga membuat poster film Bumi Manusia.

"Still photo film Bumi Manusia by @yusufyudo // First glance of Minke (Tirto Adhi Soerjo)," tulis Iqbaal dalam akun Instagram-nya, @iqbaal.e, yang dikutip Kompas.com, Selasa (2/7/2019).

Pada foto pertama terlihat Iqbaal sebagai Minke yang sedang termenung. Di belakangnya, seorang pria berbaju putih sedang melukis.

Foto lainnya memperlihatkan Iqbaal yang berada di gerbong kereta jadul, lalu Iqbaal yang menunggu matahari terbenam, dan Iqbaal yang tengah berada di pinggir pantai bersama seorang pria cacat.

Unggahan Iqbaal dikomentari positif oleh para warganet. Lebih dari 800.000 akun menyukai mantan personel grup vokal CJR tersebut.

Minke yang diperankan Iqbaal merupakan karakter utama dalam film karya sutradara Hanung Bramantyo.

Seperti kisah dalam buku "Bumi Manusia", film ini akan bercerita tentang perjalanan seorang tokoh bernama Minke pada masa antara tahun 1898 hingga 1918.

Baca juga: Iqbaal Ramadhan Akui Sulitnya Dalami Peran Minke

Minke adalah salah satu anak pribumi yang sekolah di HBS. Pada masa itu, yang dapat masuk ke sekolah HBS adalah orang-orang keturunan Eropa.

Sebagai seorang pribumi, Minke pandai menulis. Tulisannya bisa membuat orang terkagum-kagum dan dimuat di berbagai koran Belanda pada saat itu. Namun, ia kurang disukai oleh siswa-siswi Eropa lainnya.

Baca juga: Hanung Bramantyo Gembleng Iqbaal Ramadhan untuk Peran Minke

Minke juga digambarkan sebagai seorang revolusioner dalam buku ini. Ia berani melawan ketidakadilan yang terjadi pada bangsanya. Ia juga berani memberontak terhadap kebudayaan Jawa, yang membuatnya selalu di bawah

Selain Iqbaal, Bumi Manusia turut dimeriahkan oleh Mawar De Jongh, Ayu Laksmi, Donny Damara, Giorgino Abraham, Jerome Kurniawan dan lainnya.

Film garapan rumah produksi Falcon Pictures tersebut rencananya akan tayang di bioskop Tanah Air pada 15 Agustus 2019.

Baca juga: Diadaptasi dari Karya Sastra Pramoedya Ananta Toer, Bumi Manusia Akan Jadi Film Berdurasi 3 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com