Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Awalnya Tak Tahu Lokasi Transaksi Narkoba adalah Rumah Nunung

Kompas.com - 22/07/2019, 15:34 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Polisi mengatakan awalnya pihaknya tidak mengetahui bahwa lokasi transaksi narkoba di kawasan Tebet adalah rumah pelawak Nunung.

"Kita tidak pernah menarget oknum tertentu," kata Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak dalam jumpa pers di Dit Resnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Calvijn menjelaskan penangkapan Nunung berawal informasi masyarakat tentang jaringan tersangka HD alias TB. Pendalaman dari informasi itu menemukan bahwa ada transaksi narkoba di kawasan Tebet.

"Dilakukan pendalaman tersangka TB telah menyerahkan barang yang diserahkan dari luar pagar. Kami tidak tau itu untuk siapa dan diserahkan pada siapa," imbuhnya.

Sesaat setelah HD alias TB ditangkap, polisi mendapati siapa pemesan sesungguhnya dari narkotika jenis sabu tersebut.

"Dari situ kami melakukan penggeledahan di rumah itu dan kami ditemui tersangka JJ (suami Nunung) terlebih dahulu," ungkap Calvijn.

Dari situlah diketahui bahwa rumah tersebut milik Tri Retno Prayudati atau yang selama ini dikenal sebagai pelawak Nunung.

Dalam penggeledahan itu, Nunung berusaha menghilangkan barang bukti dengan cara membuang sabu ke kloset.

"(Sabu) sempat digunting dan dibuang ke dalam kloset. Ini upaya menghilangkan barang bukti oleh NN," kata Calvijn dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019).

Calvijn menambahkan, Nunung awalnya mengelak tuduhan polisi. "Awalnya tidak mengakui. Awalnya bilang perhiasan, tetapi tidak bisa bilang harganya berapa," ujarnya.

Baca juga: [VIDEO] Tangis Pilu Nunung Minta Maaf kepada Keluarga hingga Fans

Pada Senin (22/7/2019), polisi secara resmi menahan Nunung dan suami, July Jan Sambiran. Dalam jumpa pers di Polda Metro Jaya, Nunung dan July tampak sudah mengenakan rompi oranye.

Sebelumnya, Nunung bersama suaminya, July Jan Sambiran, ditangkap Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya di rumahnya di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019) pukul 13.15.

Dalam pengeledahan, polisi juga mengamankan barang bukti berupa satu klip sabu seberat 0,36 gram.

Baca juga: Tangisnya Pecah, Nunung: Saya Sudah Berbuat Salah dan Melanggar Hukum

Hasil tes urine menyatakan Nunung dan suaminya positif menggunakan narkotika.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Nunung yang sudah lima bulan mengonsumsi sabu mengaku menggunakannya untuk menjaga stamina dalam bekerja.

Baca juga: Nunung Berterima Kasih karena Ditangkap Polisi: Saya Terselamatkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com