Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mawar de Jongh: Aku Bisa Gila Kalau Jadi Annelies

Kompas.com - 23/07/2019, 17:07 WIB
Andika Aditia,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Mawar de Jongh turut bermain dalam film Bumi Manusia garapan sutradara Hanung Bramantyo yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer dengan judul yang sama.

Mawar menjadi pemeran utama sebagai Annelies yang merupakan kekasih Minke yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan.

Latar belakang Annelies yang merupakan anak dari ayah Belanda dan ibu Pribumi telah mengantarnya pada kehidupan yang penuh lika-liku.

Baca juga: Durasi Bumi Manusia 3 Jam, Iqbaal Sarankan Tak Bawa Guling dan Tikar

Mawar mengatakan, selama menjalani proses reading dan syuting ia merasa sosok Annelies adalah wanita yang kuat.

"Annelies itu sosok yang kuat meski punya beberapa kekurangan. Perjalanan hidup yang dia rasakan itu enggak gampang," ucap Mawar saat berkunjung ke Kompas.com, Selasa (23/7/2019).

Menurut gadis berdarah Belanda-Indonesia ini, mungkin dirinya pun tak akan sanggup bila benar-benar mengalami hidup seperti Annelies.

"Aku enggak bayangin kalau aku hidup kayak Annelies di zaman sekarang, mungkin aku bakal stres dan bisa gila kali," ucap Mawar.

Baca juga: Sehari Tayang, Trailer Bumi Manusia Trending di YouTube

Bahkan, kata gadis berusia 17 tahun ini, dirinya sering terbawa rasa haru ketika memainkan tokoh Annelies dalam film Bumi Manusia.

"Mungkin yang paling aku rasakan itu kesedihannya. Aku beberapa kali menangis (saat memainkan tokoh Annelies)," ucap Mawar.

Selain Mawar, film Bumi Manusia juga diperankan oleh Jerome Kurniawan (Robert Suurhof), Ine Febriyanti (Nyai Ontosoroh), dan lainnya.

Bumi Manusia merupakan novel pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1980. Rencananya, film ini akan tayang serentak pada 15 Agustus 2019 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com