Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penghasilan Ria Ricis dari YouTube Capai Rp 2 Miliar Per Bulan?

Kompas.com - 29/07/2019, 14:00 WIB
Sherly Puspita,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Youtuber Ria Ricis kini tengah menjadi perbincangan hangat usai mengunggah video di salah satu kanal YouTube-nya, Ricis Official, pada Sabtu (27/7/2019).

Sebab, video berdurasi 8 menit 49 detik itu ia beri judul “PAMIT. 24 JAM HAPUS”. Namun, beberapa saat kemudian ia menghapus frasa “24 JAM HAPUS” dalam judul video tersebut.

Banyak warganet yang mengira pemilik akun YouTube dengan hampir 16 juta subscriber tersebut benar-benar akan berhenti mengunggah video. Tak sedikit pula warganet yang menyangka video tersebut hanyalah prank atau kejahilan semata.

Beberapa saat kemudian, melalui unggahan instastory di akun instagram pribadinya, Ricis membantah tuduhan terkait prank tersebut.

Ricis juga menyebut belum dapat memastikan akan kembali mengunggah video atau tidak.

Baca juga: [POPULER ENTERTAINMENT] Sule dan Naomi Berbatik Couple | Ria Ricis Tak Akan Tutup Akun

Meski demikian, hari ini, Senin (29/7/2017), tepatnya hari kedua setelah ditayangkannya video PAMIT, melalui unggahan di akun instagram pribadinya Ricis mengumumkan bahwa ia akan kembali merilis video di kanal YouTube-nya.

Beragam 'cuap-cuap' warganet membanjiri kolom komentar instagram Ria Ricis. Ada yang menyambut baik kembalinya Ricis, namun ada juga yang menyebut Ria tak akan rela meninggalkan salah satu sumber penghasilan utamanya tersebut.

Dr awal sdh kuduga..g mungkin hapus conten youtubenya secara itu sumber penghasilannya selama ini. Trnyta cm kuat beberpa hr sj,” tulis pemilik akun @dhevialfredo.

Alhamdullilah saya masi punya hati yang lembut utk mengabulkan permintaan #TheRicis,” jawab Ricis menanggapi komentar @dhevialfredo.

Menerka penghasilan youtuber Ria Ricis.Menerka penghasilan youtuber Ria Ricis. Menerka penghasilan youtuber Ria Ricis.

Lalu berapa sebenarnya penghasilan Ria Ricis sebagai youtuber?

Ada beberapa situ web yang dapat digunakan untuk mengecek jumlah penghasilan seorang YouTuber, termasuk Ria Ricis. Salah satu situs yang dimaksud adalah situssocialblade.com.

Dikutip dari situs tersebut, setiap bulannya Ricis diperkirakan mendapatkan penghasilan antara 22.400 - 357.800 dolar AS.

Dengan nilai 1 dolar AS hari ini sebesar Rp 14.025, angka tersebut setara dengan Rp 314.193.600 (Rp 314 juta) hingga Rp 5.018.145.000 (Rp 5 miliar).

Baca juga: Diminta Balik ke YouTube, Ria Ricis: Enggak Semudah Itu

Sedangkan dalam setahun Ricis diperkirakan dapat mengumpulkan 268.800 dolar AS hingga 4.300.000 dolar AS atau sekitar Rp 3.769.920.000 (Rp 3,7 miliar) hingga Rp 60.307.500.000 (Rp 60, 3 miliar).

Adapun dalam membuat estimasi ini situssocialblade.com menggunakan cost per million (CPM) terendah dan CPM tertinggi, kemudian dikalikan dengan jumlah viewer yang didapatkan YouTuber per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com