Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Jitu Maudy Ayunda Lawan Perundungan

Kompas.com - 30/07/2019, 14:37 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyanyi dan arti peran Maudy Ayunda mengaku pernah menjadi korban buli. Dari soal gigi kelincinya hingga bentuk fisiknya yang dinilai terlalu kurus.

Namun, alumnus Universitas Oxford ini mengaku punya trik jitu untuk melawan tindakan buli, khususnya beauty bullying atau perundungan kecantikan.

"Caranya mindset-nya aku ubah 'udahlah i'm still love myself'," kata Maudy dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

Ia tak memungkiri bahwa ketika kali pertama diejek karena gigi kelinci dan bentuk fisiknya, perasaan sedih sempat menghampiri.

Maudy menambahkan bahwa gara-gara komentar seperti itu ia bahkan sempat merasa tak bersemangat, namun pada akhirnya ia kembali seperti biasa dalam waktu singkat.

Ia menyadari bahwa dirinya akan banyak menemukan hal seperti itu, sehingga ia harus mawas diri untuk mengantisipasinya.

Baca juga: Melly Goeslaw: Suara Maudy Ayunda Jujur dan Adem

"Aku definitely pasti pernah down kalau ngeliat komentar kayak gitu, tapi memang aku dari awal sudah mempersipkan diri sebelum masuk sosial media dan aku kan publik figur juga, mendapat kritik pastilah," ucapnya.

"Aku sudah lebih tahu dan bisa gimana caranya supaya enggak down gimana gitu," tambah Maudy.

Dari hasil pengamatan pribadi, Maudy mengaku bahwa selama ini ia banyak menemukan komentar soal fisik yang seharusnya tak perlu.

Bagi Maudy, belum tentu semua orang bisa menerima komentar yang membahas fisik.

"Observasi aku selama ini di sosial media. Curhatan dari teman-teman aku, orang-orang sekitar, pengalaman aku sendiri yang di mana aku melihat bahwa 'banyak juga ya'. Lumayan orang yang dengan mudahnya berkomentar dengan fisik orang lain gitu," ucapnya.

"Ini harus diangkat karena mungkin orang yang berkomentar itu lupa atau enggak sadar bahwa perkataan mereka bisa memiliki efek-efek psikis yang cukup negatif gitu lho," sambungnya.

Baca juga: Maudy Ayunda Ternyata Pernah Jadi Korban Beauty Bullying

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com