Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maudy Ayunda Ternyata Pernah Jadi Korban Beauty Bullying

Kompas.com - 29/07/2019, 20:37 WIB
Andika Aditia,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi seorang figur publik bukan berarti bisa begitu saja menerima semua komentar yang dilontarkan orang lain, termasuk penyanyi dan artis peran Maudy Ayunda.

Sebagai seorang perempuan, Maudy ternyata juga memiliki kegelisahan terhadap suatu komentar yang datang padanya, apalagi soal bagian tubuh atau wajah. Biasanya itu dinamakan perundungan kecantikan atau beauty bullying.

"Kalau aku (tak suka dikomentari) gigi aku, gigi kelinci aku, badan aku-lah katanya terlalu kurus apa," ucap Maudy dalam jumpa pers di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (29/7/2019).

"Jadi komentar-komentar itu bisa membuat kita kepikiran dan atau mungkin yang sering terjadi juga membuat orang jadi enggak bisa sepenuhnya mengekspresikan diri mereka," tambahnya.

Baca juga: Cara Maudy Ayunda Hayati Lagu OST Habibie & Ainun 3

Dari hasil pengamatan pribadi, Maudy mengaku bahwa selama ini ia banyak menemukan komentar soal fisik yang seharusnya tak perlu.

Bagi Maudy, belum tentu semua orang bisa menerima komentar yang membahas fisik.

"Observasi aku selama ini di sosial media. Curhatan dari teman-teman aku, orang-orang sekitar, pengalaman aku sendiri yang di mana aku melihat bahwa 'banyak juga ya'. Lumayan orang yang dengan mudahnya berkomentar dengan fisik orang lain gitu," ucapnya.

"Ini harus diangkat karena mungkin orang yang berkomentar itu lupa atau enggak sadar bahwa perkataan mereka bisa memiliki efek-efek psikis yang cukup negatif gitu lho," sambungnya.

Baca juga: Melly Goeslaw: Suara Maudy Ayunda Jujur dan Adem

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com