Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Joe Taslim: Menjadi Atlet Judo Bukan Keinginan Saya

Kompas.com - 01/08/2019, 17:29 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Artis peran Joe Taslim mengungkapkan bahwa sesungguhnya menjadi atlet judo bukanlah keinginannya. Waktu kecil, Joe ingin menjadi atlet bulu tangkis.

"Menjadi atlet judo bukan kemauan saya," kata Joe di Auditorium 1 CGV Pacific Place, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Keinginan Joe menjadi atlet bulu tangkis harus pupus karena perekonomian keluarga Joe pas-pasan. Orangtua Joe tidak sanggup membelikan perlengkapan bulu tangkis seperti sepatu dan raket.

Meski demikian, ayah Joe tidak mau mematikan semangat anaknya yang ingin berkarier di dunia olahraga. Joe mengatakan, ayahnya memasukkannya ke pusat pelatihan judo di Palembang.

"Saya lakukan demi orangtua dan pada akhirnya saya jatuh cinta sama judo," kata aktor yang mendapat peran Sub-Zero dalam film Mortal Kombat itu.

Pada akhirnya Joe masuk ke pusat pelatihan nasional (Pelatnas) judo di Jakarta. Ia juga mengungkapkan alasan mengapa akhirya menekuni judo.

"Kenapa mau masuk pelatnas? Karena ingin membanggakan orangtua. Keluarga saya dibanggain di sana," kata Joe.

"Motivasi motivasi kedua saya masuk pelatnas karena satu-satunya cara saya agar orangtua enggak perlu biayain sekolah saya lagi," sambung Joe.

Meski dibiayai negara, Joe juga tidak mau main-main. Joe sadar bahwa biaya tersebut ia dapatkan dari pajak yang dipungut dari warga.

"Makanya pas judo, tanggung jawab setengah gila. Pas pulang kalah, malu. Itu makanya dijalankan dengan baik," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com