Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Makmum Raup Rp 19,5 Miliar di Malaysia

Kompas.com - 29/08/2019, 14:18 WIB
Tri Susanto Setiawan,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film horor Makmum mencetak kesuksesan di Malaysia. Selama 11 hari penayangan di bioskop Malaysia, Makmum meraup 5,8 juta Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 19,5 miliar.

Produser Dheeraj Kalwani menyatakan senang dengan perolehan tersebut. Ia berujar, kesuksesan Makmun dalam layar lebar menyamai kesuksesannya dalam versi film pendek yang populer di YouTube.

"Memang alasan pertama mengadaptasi film pendek ini saya melihat sisi kepopuleran film pendeknya," kata Dheeraj dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/8/2019).

"Bukan cuma karena banyak yang menonton tapi karena film ini memiliki kualitas yang terbukti dari banyaknya penghargaan festival film yang diperoleh," sambung dia.

Dheeraj mengatakan, kesuksesan film Makmum tidak lepas dari pengembangan cerita yang membutuhankan ketelitian.

Selain meminta penulis asli film pendeknya untuk menulis skenario, kata Dheeraj, ia juga menggandeng Alim Sudio untuk memperkuat skenario.

"Skenario itu pondasi paling penting. Kalau membangun rumah tanpa pondasi kuat, pasti akan roboh. Itu sebabnya saya perhatikan benar skenario benar-benar siap sebelum lanjut ke syuting," kata dia.

Faktor-faktor lain seperti sutradara, editing gambar dan suara, juga diperhatikan dengan detail. Sebagai Produser, Dheeraj terlibat di semua proses tersebut.

"Film adalah hasil kerja sama banyak pihak. Saya rasa ini kunci suksesnya," kata dia.

Sejak tayang pada 15 Agustus 2019 kemarin, dilansir dari laman filmindonesia.or.id, Makmum sudah meraup 575.434 penonton.

Dalam versi film bioskop, Makmum bercerita tentang seorang ibu bernama Ibu Kinanti (Jajang C Noer) yang sudah merasa renta dan tak sanggup lagi mengurusi asrama.

Ia pun lantas mengajak Rini (Titi Kamal) yang merupakan alumni dari asrama untuk pulang dan membantunya mengurus asrama. Pekerjaan Rini sebagai pengurus jenazah harus ia tinggalkan demi mengurus asrama.

Baca juga: Awalnya Takut, Ini Alasan Titi Kamal Mau Terima Bermain di Film Makmum

Awalnya, semuanya biasa saja. Namun, tiga orang murid mengaku kerap diganggu oleh sesosok makhluk halus yang membuat mereka tak bisa hidup tenang.

Dalam trailer diperlihatkan makhluk halus tersebut selalu turut mengucapkan bacaan shalat yang dilantunkan.

Selain Titi Kamal dan Jajang C Noer, film produksi Dee Company yang diproduseri Dheeraj Kalwani ini juga turut diperankan oleh Tissa Biani, Bianca Hello, Adila Fitri, dan Ali Syakieb.

Baca juga: Raup 51.378 Penonton dalam Sehari, Film Makmum Tambah Layar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com