Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil Wirda Mansur, Putri Yusuf Mansur yang Jadi Sorotan

Kompas.com - 26/02/2022, 15:44 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wirda Mansur jadi sorotan warganet usai video klarifikasinya soal kuliah di empat kampus berbeda viral.

Wirda Mansur mengaku kuliah di empat kampus yaitu di Oxford, Raffles University, University of Buckingham, dan Institut Daarul Qur'an Jakarta.

Wirda juga mencuri perhatian usai menerbitkan I-Coin dengan slogannya "Insya Allah to The Moon."

Profil Wirda Mansur

Wirda Salamah Ulya lahir pada 20 November 2001. Gadis itu lebih dikenal dengan nama Wirda Mansur, mengikuti nama belakang ayahnya.

Baca juga: Profil Pemain Drakor Kkondae Intern, dari Park Hae Jin hingga Park Ah In

Ayah Wirda adalah Yusuf Mansur, merupakan salah satu pendakwah terkenal di Tanah Air. Sementara ibunya bernama Siti Maemunah.

Wirda merupakan anak pertama dari lima bersaudara. Keempat adiknya bernama Qumii Rahmatal Qulub, Aisyah Humairoh Hafidzoh, Muhammad Kun Syafii, dan Muhammad Yusuf Al Haafidz.

Wirda Mansur adalah seorang pengahapal Al Quran. Putri sulung Yusuf Mansur itu berhenti sekolah dan fokus menghapal Al Quran sejak usia 9 tahun.

Meskipun demikian, ia tetap melanjutkan pendidikan formalnya. Wirda melanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) di Yordania, kemudian pada kelas 8 pindah ke Amerika Serikat.

Baca juga: Profil Sean Penn, Sutradara yang Rekam Invasi Rusia untuk Dokumenter

Pendidikannya di luar negeri tidak tuntas hingga Wirda mengambil paket B di Indonesia.

Wirda Mansur kemudian masuk SMA di Inggris, namun tidak tuntas. Akhirnya diselesaikan di Indonesia melalui paket C.

Saat ini Dikti mencatat Wirda sebagai mahasiswi jurusan Ilmu Hadis di Institut Daarul Qur'an Jakarta.

Wirda mengaku mengambil double degree, saat ini dia juga berkuliah di University of Buckhingham, Inggris. Namun sedang mengambil cuti.

Baca juga: Profil Mawar AFI, Penyanyi yang Perceraiannya Mendadak Heboh

Selain itu, Wirda juga pernah mengambil program International Baccalaureate (IB) di Oxford pada 2017. Selanjutnya kuliah di Raffles University selama tiga semester.

Wirda dikenal sebagai penulis dan influencer. Sejak tahun 2016 sampai 2020, Wirda telah menulis total lima buku.

Buku Wirda diterbitkan setiap satu tahun sekali di antaranya Reach Your Dreams (2016), Be Calm, Be Strong, Be Grateful (2017), Be The New You (2018), Remember Me & I Will Remember You (2019), dan Unlimited You (2020).

Wirda Mansur memiliki 2,8 juta pengikut di Instagram @wirda_mansur dan memiliki 1,51 juta subscribers di kanal YouTube WIRDA MANSUR.

Baca juga: Profil Ayu Aulia, Model yang Blak-blakan Akui Lebih Suka Pria Beristri

Konten yang dibagikan Wirda di media sosialnya beragam mulai dari dakwah, motivasi, hingga vlog sehari-hari.

Sumber penghasilan Wirda bukan hanya dari media sosial, putri sulung Yusuf Mansur itu juga menjabat sebagai direktur utama PT Wirdamae Group indonesia, perusahaan yang menaungi banyak bidang bisnis seperti travel, kosmetik, manajemen aset, hingga fesyen.

Wirda pernah terlibat dalam film Cahaya Cinta Pesantren (2016) dan The Santri (2019). Gadis itu juga merilis single "Cahaya Cintaku" dan "Hanyalah Engkau."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com