Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2023, 18:54 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Piala Citra merupakan simbol supremasi tertinggi bagi dunia perfilman di Indonesia.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Festival Film Indonesia (FFI) di setiap tahunnya dan telah diselenggarakan sejak 1967 lalu.

Melansir dari laman resmi Festival Film Indonesia, kata Citra diambil berdasarkan judul sajak yang diciptakan Usmar Ismail pada  20 September 1943.

Baca juga: 5 Peraih Nominasi Pemeran Utama Perempuan Piala Citra FFI 2023

Sajak tersebut terdapat dalam buku kumpulan puisi karya Usmar Ismail yang bernama “Puntung Berasap” serta memiliki makna “bayangan” atau “imaji”.

Citra terpilih berdasarkan sejumlah nama yang telah dikumpulkan oleh Soemardjono Demang Wirjokoesoemo, Ketua Penyelenggara FFI 1973 dan D. Djayakusuma.

Nama tersebut kemudian mulai disematkan dalam penghargaan Piala Citra guna membentuk peta dinamika, kemajuan, hingga pencapaian perfilman Indonesia.

Baca juga: Budi Pekerti Borong 17 Nominasi di Piala Citra FFI 2023

Penggunaan Citra dalam Piala Citra juga diresmikan secara langsung oleh Menteri Penerangan Republik Indonesia Budiardjo di Jakarta pada 26 Maret 1973.

Piala Citra pertama kali diberikan dalam Festival Film Indonesia 1973, yang pada saat itu masih diselenggarakan oleh Yayasan Film Indonesia (YFI).

Desain awal Piala Citra dibuat oleh Gregorius Sidharta dan sempat beberapa kali mengalami perubahan bentuk seiring berjalannya waktu.

Perubahan bentuk pertama terjadi pada 2008 lalu, di mana FFI dan sejumlah seniman lainnya bekerja sama dalam mengubah desain Piala Citra.

Baca juga: Daftar Nominasi Piala Citra FFI 2023

Pergantian bentuk tersebut diharapkan dapat membawa simbol dan semangat baru bagi penyelenggaraan FFI.

Setelahnya, pada 2014 Piala Citra kembali diubah menuju desain awalnya dengan sedikit modifikasi yang diberikan oleh Dolorosa Sinaga.

Perubahan desain menuju bentuk aslinya tersebut menjadikan simbol penyelenggaraan FFI menuju semangat awalnya.

FFI dan Piala Citra diharapkan dapat menyalurkan api semangat bagi para penggiat dunia perfilman untuk tetap konsisten dalam menciptakan film-film Indonesia yang berkualitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com