Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa SpongeBob SquarePants Berwarna Kuning?

Kompas.com - 07/11/2023, 14:28 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam ceritanya, SpongeBob SquarePants digambarkan sebagai karakter berbentuk spon kotak yang berwarna kuning.

Mulanya, Stephen Hillenburg selaku pencipta dari waralaba ini mengelompokkan SpongeBob menuju salah satu spesies spon laut yang dalam kehidupan nyata juga berwarna kuning.

Namun, apa alasannya dalam memilih spon berwarna kuning dari sekian banyaknya spesies dan varian spon laut yang ada?

Baca juga: SpongeBob SquarePants Hewan Laut Apa?

Melansir dari laman AV Club pada Selasa (7/11/2023), kuning merupakan sebuah warna pelengkap bagi warna biru dalam suatu palet RGB.

Warna kuning akan membuat sang karakter lebih menonjol bagi sebuah animasi yang latarnya bertempatan di luar ruangan seperti SpongeBob, The Simpsons, Winnie The Pooh, dsb.

Hal tersebut juga berlaku bagi SpongeBob SquarePants di mana cerita serial animasi tersebut bertempatan di dalam laut yang berwarna biru.

Pada akhirnya, warna kuning yang dimiliki oleh SpongeBob akan membuatnya lebih menonjol dibandingkan karakter-karakter lain yang terdapat di dalamnya.

Baca juga: Pink Menyesal Rilis Lagu SpongeBob SquarePants Weve Got Scurvy

Tak hanya sebagai karakteristiknya, warna kuning cerah juga bisa membuat sang karakter lebih terlihat bagi seseorang yang menderita buta warna.

Popularitas warna kuning juga identik dengan sifat dan emosi sang karakter di mana kuning lebih diasosiasikan dengan perasaan gembira, berenergi serta semangat.

Keidentikan warna itu juga tersalurkan terhadap sifat SpongeBob sendiri di mana karakter tersebut lebih dikenal sebagai seorang spon yang riang dan dipenuhi oleh sifat energik.

Baca juga: Tiga Film Spin-off SpongeBob SquarePants Hadir di Paramount+

Oleh karena itu, terdapat berbagai karakter dalam sebuah serial animasi yang mengaplikasikan warna kuning terhadap ciri khas dan identitas mereka.

Pemilihan warna seperti itu tak hanya menjadi penentu bagi karakteristik mereka yang mudah dikenali, namun juga memiliki kegunaan dalam menyalurkan perasaan sang karakter terhadap para penontonnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com