Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2023, 19:44 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - SpongeBob SquarePants adalah serial animasi populer yang pertama kali dikeluarkan pada 1999.

Serial itu menceritakan kisah dari spons kuning persegi bernama Spongebob Squarepants yang tinggal di rumah nanas bersama siput peliharaannya, Gary.

Serial tersebut dibuat oleh Stephen Hillenburg bersamaan dengan studio Nickelodeon sebagai rumah produksinya.

Baca juga: Ternyata Karakter Spongebob Terinspirasi dari Beberapa Sosok Komedian Terkenal

Berkat kepopularitasannya, SpongeBob SquarePants telah mendapatkan berbagai penghargaan semasa perjalanan kariernya di dunia hiburan.

Salah satu contohnya dapat dilihat melalui Penghargaan Pilihan Anak untuk Kartun Favorit di mana SpongeBob berhasil menyabet penghargaan itu sebanyak 20 kali.

Namun meski popularitas serial tersebut terus melejit, nyatanya masih banyak dari para penonton yang belum mengetahui jenis binatang laut apa Spongebob Squarepants ini.

Baca juga: Pink Menyesal Rilis Lagu SpongeBob SquarePants Weve Got Scurvy

Mulanya, pencipta serial SpongeBob, Stephen Hillenburg, merupakan seorang guru yang memiliki fokus dalam ilmu kelautan.

Sewaktu akan menciptakan karakter kotak kuning itu, Hillenburg berpendapat bahwa spons laut merupakan seekor hewan yang kurang menarik dan kurang terwakili.

Berkat itu, ia kemudian menjadikan spons laut sebagai desain awal SpongeBob dengan penambahan bentuk persegi yang menurutnya akan menonjolkan sisi “kutu buku” darinya.

Sedangkan untuk spesies spons laut asli dari karakter ini, Spongebob Squarepants diidentifikasikan sebagai spesies spons yang bernama Aplysina fistularis.

Baca juga: Viral, Unggahan Ikan Mirip dengan Karakter Flats di SpongeBob, Benarkah Ada?

Spesies spons laut ini berwarna juga kuning dalam kehidupan nyata, dan biasanya gampang ditemukan di sebuah perairan terbuka di sekitaran Laut Karibia.

Selain itu, Aplysina fistularis kerap disebut sebagai spons tabung kuning berkat ciri khasnya yang berbentuk lonjong seperti tabung dan berwarna kuning.

Tak hanya berbentuk layaknya tabung, spons jenis ini juga memiliki ukuran yang cukup besar sampai-sampai bisa melebihi 1 meter panjangnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com