Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2023, 17:32 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Divergent Sila Divine General Mahoraga atau yang lebih akrab dikenal dengan “Mahoraga” merupakan sebuah Shikigami terkuat milik Fushiguro Megumi.

Mahoraga pertama kali terlihat dalam Ark Shibuya setelah Megumi memanggilnya, membuat Shikigami tersebut sempat bertarung dengan Ryomen Sukuna.

Sepanjang cerita Jujutsu Kaisen, tak seorang pun dari pengguna Teknik Sepuluh Bayangan yang mampu menjinakkan Shikigami tersebut selain Fushiguro Megumi.

Baca juga: Mengenal Uraume, Penyihir Seribu Tahun di Jujutsu Kaisen

Mahoraga digambarkan seperti humanoid berotot, memakai bawahan hakama hitam dan selempang putih di pinggangnya, serta memiliki roda besar bergagang delapan yang berputar di atas kepalanya.

Shikigami tersebut memiliki kekuatan yang besar, mampu beradaptasi terhadap segala kondisi, serta mempunyai pertahanan yang defensif berkat roda di atasnya.

Kekuatan yang paling mencolok darinya terletak pada Pedang Pembasmian yang menempel di lengan kanannya, membuat Mahoraga sangat efektif terhadap roh terkutuk berkat pedang tersebut.

Baca juga: Apa Saja Kekuatan Naobito Zenin di Jujutsu Kaisen?

Dikarenakan kekuatannya yang besar, Mahoraga kerap disebut sebagai “Jenderal Illahi” di mana ia menjadi Shikigami paling tak terkendali dalam sejarah Teknik Sepuluh Bayangan.

Meskipun tak terdapat pengenalan karakter yang mendalam mengenai Mahoraga, namun ia menjadi satu-satunya Shikigami yang tak pernah dijinakkan dalam sejarah Keluarga Zenin.

Sesaat Shikigami tersebut bertarung dengan Ryomen Sukuna, Raja Kutukan itu sampai-sampai harus menggunakan Ekspansi Domainnya guna mengalahkan Mahoraga.

Baca juga: Blue Lock Jadi Manga Terlaris 2023, Kalahkan Jujutsu Kaisen dan One Piece

Jenderal Illahi kerap terlihat membuat Sukuna kewalahan, ia bahkan membuat Teknik Dismantle milik Sukuna tak mampu menembusnya berkat roda besar di atas kepalanya.

Bahkan, Sukuna harus memakai Busur Api serupa yang ia gunakan terhadap Jogo untuk membakar Mahoraga, membuatnya mengakui Jenderal Illahi sebagai Shikigami yang kuat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com