Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Haki di One Piece? Berikut Penjelasan dan Tipe-tipenya

Kompas.com - 23/11/2023, 17:58 WIB
Akbar Akeyla Daniswara,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Dalam dunia One Piece, terdapat berbagai kekuatan yang bisa dikuasai oleh para karakter di dalamnya.

Salah satu di antaranya meliputi Haki, sebuah kekuatan spesial yang pada dasarnya dimiliki oleh setiap makhluk hidup dalam cerita bajak laut itu.

Dalam salah satu episode, penjelasan akan haki telah dipaparkan oleh Silver Rayleigh sesaat ia memulai pelatihan Luffy di Pulau Rusukaina.

Baca juga: Apakah Luffy Punya Kekasih di One Piece?

"Haki adalah kekuatan yang tersembunyi dalam diri semua makhluk di dunia. Kehadiran, semangat juang dan intimidasi, tindakan tidak ragu-ragu. Itulah kekuatan!” ungkap Rayleigh kepada Luffy dalam pelatihannya.

Kekuatan Haki dapat diartikan sebagai kemampuan misterius yang memungkinkan penggunanya dalam memanfaatkan energi spiritualnya sendiri untuk berbagai tujuan.

Meski setiap makhluk hidup memiliki Haki di dalam diri mereka, tetapi tak semua orang bisa menyadari atau bahkan membangunkan kekuatan tersebut.

Baca juga: Harga Tiket Pameran One Piece The Great Era of Piracy

Sejauh ini, terdapat tiga jenis Haki yang dapat digunakan untuk merasakan energi spiritual dari seseorang dan memprediksi tindakan mereka.

Ketiga Haki yang telah diketahui meliputi Kenbunshoku Haki, Busoshoku Haki, serta Haoshoku Haki.

Kenbunshoku Haki dapat mengaktifkan indra keenam terhadap lingkungan sekitar mereka, memungkinkan pengguna dapat merasakan kehadiran, kekuatan, emosi, hingga memprediksi gerakan dan kekuatan musuh yang diinginkannya.

Baca juga: Pameran One Piece Terbesar Akhirnya Hadir di Indonesia

Busoshoku Haki dapat membuat sang pengguna memperkuat pertahanan melalui energi spiritual yang dimilikinya, membuat serangan lebih kuat, hingga meningkatkan pelindung di sekitar badan untuk bertahan dari serangan lawan.

Sedangkan untuk Haoshoku Haki, kekuatan tipe ini memungkinkan sang pengguna dalam melepaskan kemauannya sendiri guna mengalahkan kemauan orang lain, mengakibatkan lawan bisa kewalahan secara mental terutama mereka yang berkemauan lemah.

Sejauh ini, beberapa karakter yang dapat menggunakan kekuatan Haki dengan baik meliputi Shanks, Silver Rayleigh, Boa Hancock, Charlotte Katakuri, hingga Monkey D. Luffy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com