Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anaknya Berpuasa, Ariyo Wahab Tak Beri Imbalan

Kompas.com - 07/08/2013, 16:19 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Artis musik dan peran Ariyo Wahab (39) mengajarkan kepada ketiga anaknya untuk menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan ikhlas. Untuk itu, ia tidak memberi imbalan kepada anak-anaknya ketika hari raya Idul Fitri tiba.

"Kenapa enggak mau ngasih imbalan, jangan sampai puasa berdasarkan imbalan. Kita bilang puasa itu sehat, pas Lebaran-nya enak banget," tutur suami dari Milasari Wardhani ini saat ditemui di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hadiah untuk anak-anaknya biasa datang dari orang-orang sekitar. Pastinya Ariyo ingin menanamkan keikhlasan beribadah pada anak-anaknya. Selain ikhlas, kejujuran yang dipentingkannya. Jika anak-anaknya sedang tidak kuat berpuasa, ia lebih menghargai jika mereka mengatakannya dan berbuka puasa tanpa sembunyi-sembunyi.

"Keluhan biasa, namanya anak-anak, biasanya enggak kuat. 'Kalau kamu enggak kuat, ya sudah, buka sekarang, jangan sampai bohong'," tutur Ariyo mencontohkan.

Bulan Ramadhan kali ini Ariyo juga menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga sehingga terasa kehangatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com