Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Pembajak, Lady Gaga Kerahkan Little Monsters

Kompas.com - 14/08/2013, 10:11 WIB
NEW YORK, KOMPAS.com -- Para penggemar Lady Gaga, yang dinamakan Little Monsters, menggelar kampanye anti pembajakan setelah single terbaru bintang nyentrik ini bocor di internet.

Gerakan anti pembajakan ini dimulai setelah Gaga menulis status "gawat darurat pop" ke kira-kira 40 juta pengikutnya di Twitter dan kemudian para penggemarnya itu merespon dengan melaporkan banyak tautan internet yang digunakan untuk mengunduh secara ilegal single terbaru Gaga tersebut.

Single terbaru Gaga, dengan judul "Applause", dijadwalkan akan dirilis pada 19 Agustus mendatang, tetapi dipercepat seminggu setelah lagu itu bocor di internet. Ia memberi kepastian mengenai keputusannya tersebut setelah lagu itu menjadi sasaran para peretas selama akhir minggu kemarin.

Tak lama setelah lagunya bocor, Gaga menulis, "Tuhan di SURGA, MENGAPA ?" dan, "ANDA TIDAK BISA MENUNGGU INI UNTUK SATU SABTU SAJA."

Penyanyi berusia 27 tahun ini kemudian meminta para penggemarnya untuk melaporkan versi bocoran lagu dengan menulis, "MONSTERS SEBARKAN KATA." Lalu, para penggemarnya mulai melaporkan tautan ke badan urusan pembajakan perusahaan rekaman Universal Music untuk mematikan situs pembajak tersebut.

Tautan resmi
Salah satu pengikut Gaga di Twitter mengaku telah melaporkan lebih dari 500 tautan. Menyusul respon tersebut, penyanyi dengan nama asli Stefani Joanne Angelina Germanotta ini menulis pada Twitternya: "Terima kasih untuk kerja sama Anda dalam masa gawat darurat pop ini, kami salut kepada Anda!"

Kemudian, ia menyertakan tautan resmi bagi para penggemarnya yang ingin mengunggah secara legal lagu "Applause". "AKHIRNYA Ini dia tautan Global iTunes untuk membeli single terbaru saya 'Applause' dan PEMESANAN AWAL 'ARTPOP' http://smarturl.it/Applause WORLDWIDE Go monsters!"

"Applause" merupakan single utama dari album ketiga Gaga, ARTPOP, yang akan dirilis November mendatang.

Gaga dijadwalkan akan kembali manggung bulan ini dalam ajang MTV Video Music Awards 2013, 25 Agustus mendatang, setelah absen akibat operasi panggul yang membuatnya membatalkan konser awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com