Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yusuf Mansyur: Dakwah Itu Panggilan Hati

Kompas.com - 23/08/2013, 09:38 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com --
Bagi Ustaz Yusuf Mansyur, dakwah, tausyiah atau ceramah bukanlah suatu pekerjaan. Hal itu lebih karena ibadah dalam menyampaikan ilmu dan mengajak umat yang mendengarkan menjadi pribadi yang lebih baik.

"Saya tidak menganggap ceramah itu sebagai job atau proyek dan order, tapi ceramah itu panggilan hati untuk berdakwah supaya orang berubah ke arah yang baik," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (20/8/2013).

Meski begitu ustaz yang terkenal dengan panggilan YM ini tidak menampik sering diberi uang pengganti transportasi oleh pihak pengundang saat diminta ceramah. "Kalau saya dibagi ya saya terima. Kalau nggak ada, ya jangan minta," lanjutnya.

Menurut YM, sah-sah saja seorang pendakwah menerima honor dari pengundang. "Yang penting jangan minta," katanya.

Baginya, momen yang paling dirindukannya justru bukan ketika menerima uang, tapi bagaimana bisa berbagi rezeki. Ia juga teringat petuah almarhum Ustaz Jeffry bahwa jika memiliki uang harus bermanfaat untuk orang lain.

"Almarhum Uje juga pernah bilang sama saya, waktu saya ngobrol dia bilang "iya, jadi kita punya duit harus dibagi lagi buat orang lain,'" kenangnya.

"Dari awal saya sudah rindu, turun dari mobil itu bagi-bagi duit, bukan menerima duit," lanjutnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com