Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laskar Cameo Andrea Hirata

Kompas.com - 20/12/2013, 17:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Penulis novel tetralogi Laskar Pelangi, Andrea Hirata, tampil cameo atau muncul sepintas dalam film Laskar Pelangi 2: Edensor. Kemunculannya di akhir cerita menjadi kejutan dalam film yang mulai tayang pada 24 Desember ini.

Andrea awalnya kurang sreg muncul di film itu. Namun, atas permintaan produser dan sutradara Benni Setiawan, akhirnya ada kompromi.

"Saya mau nongol, tetapi tanpa ngomong apa-apa dan tak boleh lebih dari lima detik. Ini pun saya masih deg-degan, ha-ha-ha," kata Andrea seusai pemutaran perdana filmnya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Andrea menilai, sutradara berhasil mengadaptasi novelnya dengan baik. Filmnya masih kontekstual, terutama dalam menanamkan nilai-nilai moral tanpa menggurui. Ia berharap penonton, terutama anak-anak dan kaum muda, tetap bersemangat mewujudkan cita-cita.

Laskar Pelangi 2: Edensor lebih banyak menggambarkan bagaimana mahasiswa Indonesia yang belajar di luar negeri tetap bersemangat dan tidak menyerah dalam mewujudkan mimpinya.

"Semoga (film) ini juga menyemangati mahasiswa yang selain belajar juga harus bekerja di berbagai bidang, mulai dari pelayan restoran sampai pengamen, demi mencari uang tambahan. Karya ini memang terinspirasi dari kisah nyata," ujarnya. (ACI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com