Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rhoma Irama: 2013, Dangdut Masih Bergairah

Kompas.com - 31/12/2013, 15:31 WIB
Irfan Maullana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — "Raja Dangdut" Rhoma Irama berpendapat, musik dangdut masih memiliki gairah sepanjang 2013. Menurut Rhoma, masih banyak peserta yang bersemangat mengikuti Lomba Cipta Lagu Dangdut (LCDC) Tingkat Nasional 2013, yang digelar oleh Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI).

"Saya bangga karena antusiasme para pencipta lagu, khususnya dangdut, masih sangat bergairah. Mereka mengirimkan lagu-lagu dengan tema yang beragam, mulai dari tema cinta, keanekaragaman budaya, sampai kebanggaan kepada Tanah Air tercinta," kata Rhoma, yang juga Ketua Umum PAMMI, dalam acara Pengumuman Pemenang LCDC Tingkat Nasional 2013, di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2013) malam.

Ikke Nurjanah, yang menjabat Ketua Panitia LCDC, bersama tim juri bertugas menyeleksi dengan ketat 200 lebih lagu menjadi 12 untuk diunggulkan menjadi yang terbaik.

"Setelah melalui proses penjurian yang dipimpin langsung oleh Rhoma Irama dengan didampingi oleh Mara Karma, Hendro Saki, ditetapkan lagu dan pencipta yang memenangkan kompetisi ini. Karena ini sifatnya perlombaan, jadi harus ada yang menjadi pemenang," terang Ikke.

Akhirnya, dari 12 yang diunggulkan, lagu yang berjudul "Oleh-oleh", karya Nanang Suwito, ditetapkan menjadi Juara I LCLD Tingkat Nasional 2013. Posisi kedua ditempati lagu "Asli Indonesia", karya Toto Anggit. Sementara itu, "Dua Pilihan", karya Alwi Hasan, ditetapkan meraih posisi ketiga.

Selusin lagu dangdut yang diunggulkan itu akan dinyanyikan oleh para penyanyi dangdut kenamaan serta akan direkam dan diedarkan. Mereka, antara lain, Rita Sugiarto, Evi Tamala, Cici Paramida, Erie Suzan, Mansyur S, Ayu Soraya, Yunita Ababiel, dan Gabby Pareira.

"Semoga karya cipta para pemenang LCLD 2013 ini bisa dinikmati oleh pencinta musik di mana pun berada, khususnya musik dangdut," harap Ikke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com