Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paul McCartney dan Ringo Starr Akan Tampil di Grammy Awards 2014

Kompas.com - 22/01/2014, 15:35 WIB
Irfan Maullana

Penulis

Sumber grammy.com
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Nominasi Grammy Awards 2014 atau ke-56 telah diumumkan. Paul McCartney dan Ringo Starr, dua personel The Beatles, band legendaris yang sudah bubar dari Inggris, akan menerima Lifetime Achievement Award dalam ajang penghargaan tahunan industri musik internasional itu.

McCartney dan Starr akan pula tampil dalam pergelaran yang akan diadakan pada Minggu (26/1/2014) waktu Los Angeles, California, AS. Selain mereka, akan manggung pula Sara Bareilles bersama peraih MusiCares Person of the Year 2014 dan penggondol empat penghargaan Grammy, Carole King.

Pertunjukan itu akan menjadi yang pertama bagi Starr, Bareilles, Macklemore & Ryan Lewis, dan Musgraves sepanjang sejarah Grammy Awards yang ditayangkan langsung.

Macklemore & Ryan Lewis masuk dalam tujuh nominasi, yaitu Album of the Year dan Best Rap Album untuk album The Heist; Song of the Year untuk lagu "Same Love" (bersama Mary Lambert); Best Rap Performances (bersama Wanz) dan Best Rap Song untuk lagu "Thrift Shop"; Best Music Video untuk klip video lagu "Can't Hold Us" (bersama Ray Dalton, Jon Jon Augustavo, Tricia Davis, Honna Kimmerer, Jenny Koenig, dan Jason Koenig); dan Best New Artist.

Musgraves dan peraih tujuh penghargaan Grammy, Taylor Swift, masing-masing dinominasikan untuk empat kategori. Musgraves masuk ke kategori-kategori Best New Artist; Best Country Song untuk lagu-lagunya, yaitu "Mama's Broken Heart" (bersama Brandy Clark dan Shane McAnally) dan "Merry Go 'Round" (bersama McAnally dan Josh Osborne); dan Best Country Album untuk Same Trailer Different Park.

Album Red dari Swift menjadi nomine Album of the Year dan Best Country Album. Ia bersama Tim McGraw dan Keith Urban juga masuk ke nominasi Best Country Duo/Group dengan lagu "Highway Don't Care". Lagunya yang lain, "Begin Again", juga masuk nominasi Best Country Song.

Para penampil berikutnya adalah Bareilles dan peraih 16 penghargaan Grammy, McCartney. Mereka masing-masing masuk dalam dua nominasi penghargaan.

Album The Blessed Unrest milik Bareilles masuk nominasi untuk Album of the Year dan lagu "Brave" untuk Best Pop Solo Performance. Lagu "Cut Me Some Slack" dari McCartney (bersama Dave Grohl, Krist Novoselic, dan Pat Smear) dinominasikan untuk Best Rock Song dan lagu "Live Kisses" (bersama Jonas Akerlund, Violaine Etienne, Aron Levine, dan Scott Rodger) untuk Best Film Music.  

Peraih sembilan penghargaan Grammy, John Legend, dan penggondol empat penghargaan Grammy, Urban, juga masuk nominasi.

Album Legend yang berjudul Love in the Future dinominasikan untuk Best R&B Album, sedangkan lagu Urban (bersama McGraw dan Swift), "Highway Don't Care", masuk nominasi Best Country Duo/Group Performance.

Para penampil lain yang sekaligus merupakan nomine antara lain Daft Punk bersama Nile Rodgers dari Chic; Pharrell Williams; peraih 25 penghargaan Grammy, Stevie Wonder, bersama Kendrick Lamar dan Imagine Dragon; Lorde; Metallica, yang telah menggondol delapan penghargaan Grammy; dan Lang Lang dari China bersama Katy Perry, Pink, dan Nate Ruess dari Fun.

Pergelaran musik tersebut akan disiarkan langsung oleh CBS Television Network dari Staples Center di Los Angeles, Minggu (26/1/2014), pukul 20.00-23.30 waktu setempat, dengan kualitas gambar mutakhir dan tata suara 5.1 Surround. Pergelaran itu juga akan disiarkan langsung oleh sejumlah radio di seluruh dunia melalui WestwoodOne, serta didukung secara online melalui grammy.com dan CBS.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber grammy.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com