Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shaggydog dan Permainan Catur

Kompas.com - 07/03/2014, 12:00 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Kehidupan negara ini diibaratkan sebuah permainan catur. Kondisi itulah yang menjadi salah satu inspirasi bagi band Shaggydog untuk membuat sebuah lagu bertema sosial. Dengan mengusung irama musik ska, reggae, jazz, dan rock n roll, grup asal Yogyakarta ini menawarkan berbagai tema untuk album keenam.

"Ada lagu bertema sosial, tentang bagaimana kondisi negara ini, rakyat hanya menjadi penonton, sementara beberapa orang berebut kekuasaan. Kami mencoba membaca situasi itu dan menuangkan ke lagu. Kita mengibaratkan negara seperti permainan catur," ungkap vokalis Shaggydog, Heru Wahyono.

Selain Heru, Shaggydog juga beranggotakan Richard Bernado (gitar), Raymondus Anton Bramantoro (gitar), Aloysius Oddisey Sanco (bas), Lilik Sugiyarto (keyboard), dan Yustinus Satria Hendrawan atau Yoyok (drum). Shaggydog mengeluarkan album terakhir kali pada tahun 2009 dengan judul Bersinar.

"Kalau untuk judulnya, masih rahasia, nih. Nanti saja kalau albumnya sudah dirilis, ya. Sekarang kami masih dalam proses rekaman," ujar Heru.

Selain menyelesaikan album baru, Shaggydog juga disibukkan dengan manggung di sejumlah kota. Salah satunya, bulan April, Shaggydog akan manggung di Freeport, Timika, Papua. Uniknya, meski berasal dari Yogyakarta, mereka jarang manggung di kota gudeg itu. (SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com