Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dwiki Dharmawan Berbahasa Daerah dengan Anak

Kompas.com - 13/05/2014, 19:03 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Untuk mengajari anak berbahasa daerah, musisi Dwiki Dharmawan (47) membiasakan di rumah pun berbahasa daerah dengan anaknya, Muhammad Fernanda Dharmawan.

"Dari masih kecil, aku mengajari anakku berbahasa Sunda. Lebih senang lagi karena di sekolahnya ada mata pelajaran Bahasa Sunda. Itulah mengapa aku menyekolahkan dia di Tangerang, bukan di Jakarta karena enggak ada pelajaran bahasa daerah," kata dia.

Nanda, panggilan anak Dwiki dan penyanyi Ita Purnamasari itu, tak hanya belajar bahasa Sunda. Dia juga belajar bahasa Jawa dialek Surabaya dari sang ibu.

"Malah dia lebih medok kalau berbahasa Jawa, he-he-he," ujar dia.

Bagi Dwiki, pengenalan bahasa daerah untuk anak itu penting. Selain menjadi cara untuk melestarikan bahasa daerah, sang anak juga belajar nilai budaya bangsa lewat kemampuan berbahasa daerah.

Dwiki yang ditemui beberapa waktu lalu menyatakan, bangsa Indonesia itu kaya bahasa daerah, tetapi sebagian sudah punah. Untuk melestarikan bahasa daerah, dia antara lain meluncurkan album lagu berbahasa daerah.

"Kalau penampilan anak-anak hari ini untuk mengajari mereka tentang budi pekerti lewat lagu, tarian dan sebagainya," kata Dwiki tentang acara yang diadakan oleh Matahari, gabungan komunitas lintas profesi psikologi, musisi, dan media, akhir April lalu, di Jakarta. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com