Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Tabula Rasa": Afrika Diganti Papua

Kompas.com - 18/08/2014, 16:44 WIB
Ichsan Suhendra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Film Tabula Rasa mengangkat tema kekayaan budaya Indonesia melalui kuliner. Awalnya, lewat film tersebut, Minangkabau, Sumatera Barat, akan "disandingkan" dengan Afrika. Namun, melalui diskusi, akhirnya terpilihlah Minang dengan Papua, dalam hal ini Serui.

"Awalnya, bukan Padang (Minang, maksudnya) sama Papua. Awalnya, Afrika sama Padang. Dua budaya yang beda banget dan secara fisik beda, visual juga terlihat beda," terang sang produser, Sheila Timothy, dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta, Senin (18/8/2014).

"Tapi, Afrika terlalu jauh. Muncul ide Serui, Papua. Ternyata, begitu kami riset, menarik sekali. Serui juga belum ada yang eksplor, padahal menarik sekali," jelas Sheila.

Sheila mengaku bersama timnya menemukan kemiripan-kemiripan antara Minang dengan Papua. Salah satunya, makanannya.

"Ada ikan kuah kuning di Papua dan gulai kepala ikan di Padang. Kemiripan itu yang kami angkat. Sepertinya beda, tapi banyak kemiripan," terang Sheila.

Film yang diproduksi oleh Lifelike Pictures itu akan mulai diputar di gedung-gedung bioskop Tanah Air pada 25 September 2014. Dewi Irawan, Yayu Undru, Ozzol Ramdan, dan Jimmy Kobogau akan menghidupkan film tersebut dengan akting mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com