Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andy Lau hingga Zhang Ziyi Tertular "Ice Bucket Challenge"

Kompas.com - 22/08/2014, 14:47 WIB
Irfan Maullana

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com -- Dari AS, Ice Bucket Challenge (IBC) alias aksi menjawab tantangan diguyur air es dari kepala hingga tubuh, rupanya telah menyebar ke Asia. Di Asia, sebagaimana di AS, IBC diikuti oleh para bintang industri hiburan setempat.

IBC diadakan sebagai dukungan terhadap kampanye peningkatan kesadaran akan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS), yang dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig. ALS merupakan penyakit merusak saraf yang menyebabkan kelumpuhan.

Di Asia, dari para pesohor industri hiburan yang menjawab tantangan itu ada Andy Lau, Jay Chou, Donnie Yen, Zhang Ziyi, Wang Lee Hom, duo Mandopop bernama By2 dari Singapura, dan para personel band Mayday dari Taiwan. Banyak video yang imajinatif dan lucu yang diunggah mereka ke YouTube.

Jay Chou, misalnya, terkejut ketika ia dibuat basah kuyup oleh seorang rekannya sebelum ia selesai berbicara. Sementara itu, video By2 menunjukkan salah satu personel duo tersebut disiram ketika masih terlelap di kasur.

Video IBC Andy Lau menjadi yang terbaik dari semua video pesohor industri hiburan Asia. Untuk merekam adegan IBC-nya, ia sengaja memasang kamera khusus pada embernya sehingga memungkinkan para penonton videonya bisa melihat dengan jelas air dingin yang mengguyur dari kepala hingga tubuhnya. Sebelumnya, dalam video itu tampak Andy Lau merekam dirinya memasukkan tiga kantong besar berisi es batu ke dalam ember dan kemudian menuang segalon air mineral.

IBC berasal dari AS, dengan tantangan yang sederhana. Peserta tinggal merekam dirinya diguyur air es dari kepala hingga tubuh dan kemudian mengunggah video tersebut ke dunia maya atau memberi sumbangan dana untuk kegiatan terkait penelitian medis ALS. Mereka yang telah menyelesaikan tantangan itu bisa menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama dalam waktu 24 jam.

Di AS, IBC mendapat dukungan dari banyak bintang industri hiburan, antara lain, Taylor Swift, Oprah Winfrey, dan Lady Gaga, yang telah memberi inspirasi bagi orang-orang lain untuk menerima tantangan yang sama.

"Hai, saya Demi Lovato, saya bersedia ditantang Ice Bucket Challenge untuk ALS," kata penyanyi Demi Lovato sebelum ia diguyur lima ember air es, satu demi satu ember.

"Saya menerima tantangan Mark Wahlberg dalam Ice Bucket Challenge," kata aktor Dwayne Johnson.

"Oke, JT di sini, kami akan melakukan Ice Bucket Challenge. Here we go," kata vokalis Justin Timberlake.

"Setelah saya ditantang, kini giliran saya menantang Beyonce, Jennifer Lopez, dan Lil Wyne," kata bintang sepak bola klub Real Madrid, Christiano Ronaldo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com