Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gilang Dirga Memilih Otodidak

Kompas.com - 23/08/2014, 16:38 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemain film dan pembawa acara Gilang Dirga memilih otodidak daripada menuntut ilmu di bangku kuliah. Toh, aneka pekerjaan yang dia lakoni sejak tahun 2008 mulai membawa hasil.

"Setidaknya aku sudah bisa mandiri, tidak merepotkan orangtua lagi," kata pemuda asal Bengkulu yang pada 17 Agustus lalu genap berusia 25 tahun ini.

Ditemui pekan lalu, di kawasan Senayan, Jakarta, Gilang yang pintar menirukan suara para penyanyi pop Indonesia, seperti Ariel "NOAH", ini menyatakan cukup puas atas pencapaiannya.

"Pada awal aku berkarier di bidang hiburan, orangtua menentang. Mereka berpendapat, sebaiknya aku kuliah dulu, tetapi aku memilih setelah lulus SMA langsung bekerja," katanya.

Pemuda yang mengawali karier di bidang modeling tahun 2008 tersebut bersikukuh bisa belajar sendiri.

"Aku belajar akting, misalnya, dari nonton film-film yang bagus atau dari para pemain film senior. Lagi pula, sekarang apa, sih, yang enggak ada di internet, kita tinggal mau belajar apa enggak," ujarnya.

Kemauan belajar sendiri yang amat besar membuat Gilang bisa menjadi pelawak, pemain sinetron dan film, serta penyanyi.

Setidaknya dia bisa membuktikan kepada orangtua yang bekerja sebagai pegawai pada sebuah badan usaha milik negara bahwa otodidak bisa membuat kariernya berkembang. (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com