Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu-lagu Iwan Fals Jadi Sumber Inspirasi, Kata Menteri Marwan Jafar

Kompas.com - 16/12/2014, 16:56 WIB
Irfan Maullana

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com -- Dalam kunjungannya ke kediaman artis musik kenamaan Iwan Fals di Desa Leuwinanggung, Depok, Jawa Barat, Selasa (16/12/2014), Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar, mengaku terinspirasi oleh lagu-lagu Iwan.

"Tentu saya yang lebih muda patut sowan sama yang lebih senior. Lagu-lagu Bang Iwan Fals luar biasa dahsyatnya, tentu menginspirasi kita semua," kata Marwan membuka obrolan bersama Iwan di Pendopo Tiga Rambu, di kediaman Iwan.

"Dengan sarat kritik sosial dan kegelisahan, itu bukan sekadar lagu, tapi imbauan dan tentu tausyiah," lanjutnya.

Marwan mengatakan pula, sejak duduk di bangku mahasiswa dirinya suka mendengarkan lagu "Bongkar", ciptaan Iwan dan Sawung Jabo, untuk membakar semangat sebelum berunjuk rasa.

"Saya kan dengar dari zaman SMA dan lagu Bang Iwan menginspirasi mahasiswa untuk melawan keotoriteran. Lagu 'Bongkar' itu selalu disetel sebelum demo," kenang Marwan lalu tertawa.

Marwan mengaku datang ke pendopo milik Iwan tersebut untuk membahas pembangunan desa.

"Kebetulan saya diamanahin untuk mengurusi. Jadi, kementerian saya namanya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Menyimak lagu Bang Iwan yang 'Desa' itu saya kira memberikan spirit bagi saya untuk sowan ke Bang Iwan. Tentu nanti saya akan diberikan bimbingan dari yang lebih tua," papar Marwan, yang mengaku juga terinspirasi oleh lagu "Desa" ciptaan Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, Marwan berharap Iwan mau membantu untuk mengoreksi mars desa yang diciptanya.

"Saya juga buat mars desa, tapi itu jelek, harus dikoreksi Bang Iwan. Karena, buat mars itu harus sambil di pojokan, sambil merenung," ucap Marwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com