Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kehidupan Baru Pinkan Mambo di Amerika Serikat

Kompas.com - 26/12/2014, 21:35 WIB


KOMPAS.com — Lama tidak kedengaran, baru-baru ini penyanyi Pinkan Mambo buka suara mengenai kehidupan barunya di Amerika Serikat.

Sekitar satu tahun yang lalu, Pinkan Mambo hijrah ke Amerika Serikat, tepatnya ke Los Angeles, California, dan menetap di sana bersama sang suami, Steve Wantania, fotografer sekaligus pembuat video klip.

"Aku baru ketemu suami di Amerika. Orang pikir aku ketemunya di Indonesia. Terus kita married-nya di Amerika," papar Pinkan kepada VOA baru-baru ini. "Sekarang saya sedang hamil empat bulan," lanjutnya.

Kepindahan Pinkan ke Amerika sebenarnya bermula dari sebuah mimpi untuk bisa go international.

"Aku kan di Indonesia sudah berkarier cukup lama, terus aku baru kepikiran mau go international seperti Anggun, seperti Beyonce," ujar Pinkan. "Jadi akhirnya aku harus pindah nih ke Amerika karena Amerika kan pusatnya Hollywood, pusatnya industri bisnis entertainment musik," lanjut penyanyi berdarah Manado ini.

Beberapa waktu lalu, foto dan video Pinkan beredar, menunjukkan bahwa ia tengah mengamen di kawasan Hollywood Walk of Fame di Los Angeles sambil meminta sumbangan.

"Orang lihatnya aku ngamen di Walk of Fame, benar. Itu adalah salah satu cara untuk saya bisa go international, meraih cita-cita saya, yaitu di-sign oleh label perusahaan rekaman di Amerika atau di mana pun di dunia ini yang bisa bikin aku jadi go international," ujar mantan vokalis grup duo Ratu ini.

"Banyak produser, music director yang lewat, terus juga di situ banyak TV station yang menayangkan hiburan yang talent agent-nya suka mondar-mandir di situ," lanjutnya.

Menurut Pinkan, cara ini juga pernah dilakukan oleh Justin Bieber dan Madonna. "Eventhough, Justin Bieber enggak tahu ya dia misinya apa."

Selain ngamen di Hollywood, Pinkan juga kerap kali manggung di sejumlah kafe di AS, dan pernah beberapa kali diundang untuk manggung dalam acara yang diselenggarakan oleh konsulat Indonesia. Tanggapan dari para penonton sangat positif. Pinkan banyak mendapat fans yang terus kembali untuk menontonnya ngamen. Bahkan, ia sempat diliput oleh beberapa stasiun televisi dan diundang untuk masuk ke sebuah iklan acara basket di Amerika.

"Kalau di Indonesia ya orang tahu yah. Cuma, kalau di Amerika, aku belum ada yang tahu. Jadi ya mungkin kalau orang-orang senang aja ya karena ada yang nyanyi. Mereka suka dengan the way saya menyanyi dan suara saya. Mereka suka banget, dan fans-nya banyak banget aku di situ. Fans yang terus dateng ke show aku banyak banget," ujar ibu dari tiga anak ini.

Tidak pantang menyerah, sebagai usahanya untuk go international, Pinkan juga kerap kali menghubungi berbagai perusahaan rekaman di Amerika, salah satunya Rocnation, milik rapper Jay-Z, yang salah satu kantornya berada di Los Angeles.

"Menghubungi perusahaan-perusahaan tersebut, minta meeting dengan divisi artis dan manajemen. Jadi, kita minta meeting karena kita penyanyi dari Indonesia. Lebih mudah lagi sih karena luckily aku dari Sony Music, jadi semua orang tahu di dunia. Tapi aku rasa, it’s not about Sony Music, kalau udah lucky ya lucky aja," kata penyanyi berumur 34 tahun ini.

Berbagai tantangan juga ia hadapi karena tidak semua perusahaan rekaman memenuhi permintaan Pinkan untuk bertemu. "Kalo usaha juga, kita keep positive thinking. Ada sometimes yang enggak boleh, ada sometimes yang boleh, ya keep on trying aja."

Sebelum bertemu dengan perusahaan-perusahaan rekaman tersebut, biasanya Pinkan sudah siap dengan demo vokal dan video. Melalui media itu, ia banyak menyanyikan lagu dari penyanyi-penyanyi papan atas.

"Yang aku tawarkan ya bahwa ada penyanyi, bagus, saya, dengan suara yang bagus, dan saya ketika di atas panggung punya kualitas yang layak bersaing dengan standar internasional di dunia. Saya yakin banget potensi ini bisa membuat banyak fans gitu di dunia ini," ujarnya.

Namun, untuk ke depannya, Pinkan punya rencana yang baru. "Saya punya pemikiran yang baru lagi bahwa saya mau pindah, balik ke Indonesia. Saya mau fokus di nomor satu, pelayanan, buat orang-orang, maksudnya sosial. Nomor dua, tetap saya akan go international, tapi saya akan rumahnya di Indonesia. Saya bolak-balik aja ke luar negeri untuk meraih cita-cita," ujarnya.

Sebelum menutup wawancara dengan VOA, Pinkan sempat berbagi tips memberikan semangat kepada mereka yang mempunyai keinginan untuk terjun ke industri musik.

"Taruh Tuhan nomor satu. Kedua, jangan menyerah. Apa pun yang terjadi, terus jangkau cita-citamu sampai berhasil. Yang ketiga, harus latihan. Cita-cita itu harus tinggi. Jangan peduli kata orang atau kata mayoritas siapa pun yang bilang kamu enggak bisa. Itu bukan suara kebenaran. Kamu bisa apa pun yang kamu mau lakukan. Selama positif, kamu bisa." (Dhania Iman)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com