Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Birdman" dan "The Grand Budapest Hotel" Kuasai Nominasi Piala Oscar ke-87

Kompas.com - 15/01/2015, 22:02 WIB
Irfan Maullana

Penulis

Sumber Reuters
BEVERLY HILLS, KOMPAS.com -- Film komedi satir "Birdman" dan "The Grand Budapest Hotel" memimpin perolehan nominasi dengan sembilan kategori dalam Academy Awards atau Piala Oscar 2015 atau yang ke-87, saat diumumkan di Samuel Goldwyn Theater, Beverly Hills, California, AS, pada Kamis (15/1/2015) waktu setempat.

Salah satu kategori yang paling begengsi dari sembilan nominasi yang ditempati "Birdman" dan "The Grand Budapest Hotel" tersebut adalah Best Picture atau film terbaik yang merupakan penghargaan tertinggi insan film Hollywood.

Dalam kategori film terbaik, "Birdman" dan "The Grand Budapest Hotel" harus bersaing dengan "American Sniper", "Boyhood", "The Imitation Game", "Selma", "The Theory of Everything", hingga "Whiplash".

Sementara itu, film "The Imitation Game" menempati posisi kedua nominasi terbanyak dengan delapan kategori, termasuk nominasi aktor terbaik untuk Benedict Cumberbatch yang tampil apik dalam film yang berkisah tentang upaya Inggris memecahkan sandi rahasia Jerman di masa perang dunia kedua itu.

Berikutnya, film potret peperangan Irak "American Sniper" dan pemenang Best Drama versi Golden Globe, "Boyhood", masing-masing dinominasikan untuk enam kategori.

Academy Awards 2015 akan diselenggarakan di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California, pada 22 Februari 2015 waktu setempat atau 23 Februari 2015 WIB. Aktor Neil Patrick Harris akan memandu acara tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com