Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adipati Dolken Sulit Keluarkan "Aura" Jenderal Soedirman

Kompas.com - 20/01/2015, 16:44 WIB
Irfan Maullana

Penulis

KOMPAS.com/IRFAN MAULLANA Adipati Dolken hadir dalam jumpa pers dan syukuran produksi film Jenderal Soedirman di Balai Sudirman, Jalan Dr Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa (20/1/2015).
JAKARTA, KOMPAS.com -- Artis peran Adipati Dolken (23) mengaku sulit mengeluarkan "aura" Panglima Besar Jenderal Soedirman, yang diperankannya dalam film Jenderal Soedirman.

"Saya berperan jadi Jenderal Soedirman umur 30 tahun sampai dia meninggal. Kesulitannya itu mengeluarkan auranya, dia sosok yang pendiam, tapi dia sangat berpengaruh," kata Adipati usai jumpa pers dan syukuran produksi film Jenderal Soedirman di Balai Sudirman, Jalan Dr Saharjo, Jakarta Selatan, Selasa (20/1/2015).

"Pasti ada beban, karena sosoknya sangat besar dan sangat berpengaruh kepada Indonesia," imbuhnya.

Namun, Adipati merasa beruntung karena dibantu oleh putra bungsu Jenderal Soedirman, Teguh Soedirman, untuk mengeluarkan "aura" Jenderal Soedirman.

"Saya minta izin ngobrol-ngobrol. Saya minta masukan tentang Pak Soedirman. Saya pribadi dikasih beberapa CD tentang perjalanan Pak Soedirman. Saya dibawa untuk melihat museumnya di Pacitan. Saya dibawa ke kuburan Pak Soedirman," ceritanya.

Selain itu, latihan fisik ala militer bersama Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di Situ Lembang, Jawa Barat, diakui oleh Adipati juga membantunya dalam menyiapkan diri berperan sebagai Jenderal Soedirman.

"Dengan Kopassus, latihan semi militer. Jam empat pagi kami bangun, shalat, mandi. Jam lima kami senam. Jam enam kami naikin bendera, terus apel pagi, terus latihan, jaga barak," paparnya.

"Sama tim gerilya, jiwa tentaranya harus dikeluarkan. Saya menghormati mereka itu seperti menghormati orangtua saya," lanjutnya.

Film Jenderal Soedirman mengangkat kisah perjuangan Jenderal Soedirman beserta sekelompok kecil tentara dan dokter pribadinya melawan Belanda secara gerilya selama tujuh bulan. Awalnya, Soedirman dan pasukannya dibuntuti oleh pasukan Belanda, tetapi mereka berhasil kabur dan mendirikan markas sementara di Solo, dekat Gunung Lawu.

Selama bergerilya, dengan perintah siasat nomor satu, Jenderal Soedirman mampu memimpin kegiatan militer di Jawa, termasuk Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, yang diusulkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Jenderal Soedirman menjadikan Jawa medan perang gerilya yang luas dan membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu.

Selain dibintangi oleh Adipati, film yang diproduseri oleh Handi Ilfat dan Sekar Ayu Asmara serta disutradarai oleh Viva Westi itu dimainkan pula oleh sejumlah artis peran lainnya, yakni Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Nugie, dan Lukman Sardi. Diagendakan, film Jenderal Soedirman akan dirilis pada Agustus 2015 sebagai kado 70 tahun kemerdekaan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com