Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

John Legend dan Common Bangun Jembatan Harapan

Kompas.com - 24/02/2015, 18:30 WIB
HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Penampilan John Legend dan Common di panggung Academy Awards ke-87, di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (22/2/2015), memukau ribuan penonton. Setelah mereka menyelesaikan lagu "Glory", semua penonton langsung berdiri dan bertepuk tangan. Bahkan, beberapa penonton menitikkan air mata.

Beberapa menit kemudian, mereka berdua menerima piala Oscar untuk kategori Best Original Song lewat lagu "Glory" dari film Selma. Film ini mengisahkan Dr Martin Luther King Jr yang berjuang mengamankan hak suara bagi semua orang dengan berpawai dari Selma ke Montgomery, Alabama, AS, di tahun 1965. Peristiwa itu membawa perubahan bagi masyarakat Amerika.

Dalam pidato kemenangannya, Common menyinggung perjuangan hak-hak sipil di Perancis dan Hongkong.

"Semangat perjuangan ini memimpikan kehidupan yang lebih baik, dan juga untuk mereka yang di Perancis dan Hongkong. Kami bersama kalian, melihat kalian, dan silakan untuk berpawai. Kita membangun sebuah jembatan untuk harapan, kasih sayang, dan semua cinta untuk manusia," kata Common.

Sementara komentar Legend lebih eksplisit terkait kondisi politik di AS.

"Kita semua tahu, perjuangan Voting Rights Act, 50 tahun lalu, bisa dirasakan saat ini. Hak-hak masyarakat sipil, seperti kebebasan dan keadilan, sudah nyata hari ini. Saat ini, banyak laki-laki kulit hitam yang punya peran di tengah masyarakat dibandingkan tahun 1850 yang banyak menjadi budak," ujar Legend.

Perjuangan belum berakhir. (TIME/SIE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com