Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Metallica Akan Rilis Ulang Kaset Demo Rekaman Pertama

Kompas.com - 05/03/2015, 16:27 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Band metal Metallica bulan depan akan merilis kembali album demo rekaman pertama mereka, yang berjudul No Life 'Til Leather, dalam format kaset.

Untuk merayakan Record Store Day 2015, yang akan jatuh pada 18 April mendatang, band metal asal Los Angeles, California, AS, tersebut akan mengeluarkan ulang album dalam format kaset itu dalam jumlah terbatas.

Merujuk ke situs mereka, metallica.com, grup itu akan merilis kembali album demo yang aslinya mereka rekam pada 6 Juli 1982 di Chateau East Studio, Tustin, California, tersebut. Meski mereka telah melakukan remastering terhadap album itu, Metallica tidak akan mengotak-katik hasil mixing aslinya, demi memberi pengalaman kepada para pendengar nanti, bagaimana sound asli album tersebut ketika dibikin untuk kali pertama. Selama ini, album demo No Life 'Til Leather tidak pernah secara komersial dijual di pasaran. Oleh karena itu, Metallica akan mengeluarkannya ulang dalam format kaset.

"Tahun ini kami memutuskan untuk merayakan Record Store Day bersama teman-teman kami di ritel independen dengan suatu lompatan besar, kembali ke masa lalu, saat awal kami yang sederhana dengan plastik kecil persegi panjang yang dikenal sebagai demo tape. Pada 1982, kami merekam tujuh lagu yang menjadi 'kartu pengenal' kami yang pertama, No Life 'Til Leather. Demo itulah yang merintis jalan untuk mendapatkan kontrak rekaman pertama kami... dan selanjutnya, seperti yang Anda tahu, merupakan sejarah! Kami harap Anda akan menikmati sedikit nostalgia bersama kami dan Anda akan terus bergabung dengan kami dalam mendukung toko rekaman independen di seluruh dunia," tulis Metallica pada situs resmi mereka.

"Ini merupakaan saat bagi kami untuk ke tingkat selanjutnya dengan merilis kembali album kami seperti yang pernah dilakukan oleh U2 dan Led Zeppelin. Ketimbang memulai dengan mengeluarkan ulang album pertama kami (Kill 'Em All), yang kami rilis pada 1983, kami lebih memilih untuk mengeluarkan ulang album demo kami yang menandai awal band ini terbentuk," terang drummer Metallica, Lars Ulrich, kepada rollingstone.com, pada Selasa lalu (3/3/2015) waktu Los Angeles.

Album demo pertama Metallica tersebut--yang melibatkan empat personel asli, yaitu James Hetfield (gitar/vokal), Lars Ulrich (drum),  Ron McGovney (bas), dan Dave Mustaine (gitar)--berisi tujuh lagu yang mengantar Metallica masuk ke industri musik. Lagu-lagu itu adalah "Hit The Lights", "The Mecanix", "Motorbreath", "Seek and Destroy", "Metal Militia", "Jump in The Fire", dan "Phantom Lord".

Metallica juga berencana, setelah merilis versi kasetnya nanti, mereka akan mengeluarkan CD dan vynil No Life ’Til Leather, yang sebelumnya tak pernah dijual.

"Dua belas orang mungkin bisa memainkan (lagu-lagu) di dalamnya, tapi kini semua orang bisa memegang album ini di tangan mereka. Dan, semoga Anda senang dengan album ini," ujar Ulrich kepada rollingstone.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com