Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melanie Subono: Itu Tanda Kita Tak Peduli Negeri Kita

Kompas.com - 12/03/2015, 22:42 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Dalam jumpa pers program baru KompasTV yang berjudul Orangutan Journey, di Jakarta pada Kamis (12/3/2015) siang, penyanyi dan pembawa acara Melanie Soebono (38) bercerita tentang keprihatinannya akan orang-orang Indonesia yang membeli buku impor karangan warga negara asing, padahal isi buku itu tentang Indonesia.

"Gue tadi senang, ada yang bikin buku tentang orangutan, meski itu adalah buku yang berisi foto-foto orangutan. Orang Indonesia lebih suka habisin duit buat beli buku dari luar tentang Indonesia, padahal itu kan tentang negara kita," ujar anggota sahabat Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) ini.

Putri dari promotor pertunjukan musik Adrie Soebono ini lebih lanjut menekankan bahwa hal itu menunjukkan ketidakpedulian kita kepada negeri kita.

"Itu kan tanda-tanda kita enggak peduli, karena apa yang kita punya malah mereka yang buat bukunya," ujar perempuan kelahiran Hamburg, Jerman, ini.

Melanie berharap agar anak-anak Indonesia di masa mendatang tidak membaca buku saja, tapi juga melakukan aksi nyata peduli kepada lingkungan, termasuk fauna.

"Bagi gue simpel, gue enggak pengin lihat anak cucu lihat doang dan baca doang," katanya.

"Apa pun yang bisa gue lakukan akan gue lakukan bila ada hubungannya dengan makhluk hidup," tekan peraih penghargaan Best Solo Female Rock Singer dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2008 ini.

Program Orangutan Journey, yang merupakan seri dokumenter, akan ditayangkan oleh KompasTV setiap Selasa pada pukul 22.00-23.00 WIB mulai 17 Maret 2015.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com