Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Album Perlawanan Muse

Kompas.com - 17/03/2015, 16:38 WIB
KOMPAS.com -- Trio Matt Bellamy, Dominic Howard, dan Chris Wolstenholme dari grup Muse siap mengajak kembali penggemarnya berjingkrakan ke arena rock. Setelah pada 2012 mereka melepas album The 2nd Law yang kental pengaruh disko dan elektronik, Muse kembali pada akar rock mereka di album baru. Jika tidak percaya, coba simak lagu "Psycho" di Youtube, yang mulai bertengger Kamis (12/3) lalu.

Di lagu itu, Muse seperti menyindir sikap kepatuhan, yang secara eksplisit membudidaya di kancah militer. Video klipnya dibuka dengan sosok tentara yang seolah membentak-bentak penonton agar patuh pada perintah dan aturan. Lagu dibuka riff gitar yang mengingatkan karya-karya lawas Muse, sederhana dan menonjok.

Lagu "Psycho" adalah lagu pertama yang terungkap dari album baru berjudul Drones. Album itu bakal diedarkan mulai 9 Juni mendatang. Di situs resmi band yang berdiri pada 1994 itu, vokalis sekaligus gitaris Matthew Bellamy menjelaskan makna judul album ketujuh trio asal Devon, Inggris, ini.

"Bagi saya, Drones adalah metafora bagi kegilaan tanpa ada jalan keluar. Album ini menjabarkan perihal perjalanan manusia, mulai dari keadaan ditinggalkan dan keputusasaan, lalu menerima doktrinasi dari penguasa, hingga pergulatan mereka menentang penindas," kata Bellamy. Tema yang diungkapkan Matthew itu mereka jabarkan dalam 12 lagu.

Sebagai pemanasan, Muse menggeber enam pertunjukan di Inggris Raya mulai pertengahan Maret ini. Tiket untuk keenam pertunjukan itu terjual ludes. Muse pernah tampil di Jakarta pada 2007 silam. Kedatangan mereka waktu itu untuk mempromosikan album Black Holes and Revelations, yang meraup banyak penghargaan internasional. (MUSE.MU/HEI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com