Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenangan "Indonesia Negeri Kita Bersama" pada IMA 2015 Dipertanyakan

Kompas.com - 20/05/2015, 19:45 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Ajang Indonesian Movie Award (IMA) yang digelar dan ditayangkan langsung stasiun televisi RCTI dari Balai Sarbini, Jakarta Selatan, pada 18 Mei 2015 lalu, rupanya meninggalkan kontroversi terkait kemenangan lagu "Indonesia Negeri Kita Bersama" sebagai Soundtrack Terfavorit IMA 2015.

Para netizen jejaring sosial Twitter banyak yang mempertanyakan keabsahan kemenangan lagu "Indonesia Negeri Kita Bersama" yang diciptakan Komisaris RCTI, Liliana Tanoesoedibjo, dan dinyanyikan vokalis Angel Pieters untuk lagu tema film Di Balik 98.

Pasalnya, dalam daftar nomine kategori Soundtrack Terfavorit IMA tahun ini yang diumumkan pada 5 Mei 2015, lagu "Indonesia Negeri Kita Bersama" tidak masuk sebagai lagu tema yang bakal bersaing dengan lagu "Tinggikan" (Cahaya dari Timur: Beta Maluku, dinyanyikan oleh Glenn Fredly), "Di Balik Pintu Istana" (Di Balik 98, dinyanyikan oleh Saint Loco), "Fly My Eagle" (Pendekar Tongkat Emas, dinyanyikan Anggun C Sasmi), "Immortal Love Song" (Runaway, dinyanyikan oleh Mahadewa), dan "Seluas Itu" (Nada untuk Asa, dinyanyikan oleh Pongki Barata).

Karena itu pula, ketika "Indonesia Negeri Kita Bersama" diumumkan menjadi pemenang Soundtrack Terfavorit IMA 2015, para nomine dan netizen mulai meragukan kemenangan misterius tersebut.

"Baru nyadar..baru nyadar... Dlm award kemarin ada pemenang yg bahkan tidak ada dalam nominasi!! Hahaha... Nice job !" tulis artis musik Pongki Barata dalam akun Twitter ‏@pongkibarata, Selasa (19/5/2015).

"I'm risking my career here..tp ini udah kebangetan.. Kok bs? Kasian yg udah sms, kepotong Rp.2200,- kalo smp di banned sm tv itu ya udahlah."

"Sy tdk memasalahkan lagu cipt siapa, penyanyinya siapa..yg sy tanyakan: pemenangnya diluar nominasi yg ada!" tulisnya kembali.

Kicauan Pongki langsung disambut vokalis Glenn Fredly yang juga menjadi nomine dalam kategori Soundtrack Terfavorit IMA 2015.

"Sangat menanti penjelasan dari @OfficialRCTI panitia Indonesian Movie Award tentang kisruh pemenang soundtrack, krn ada partisipasi sms..,"

Salah satu bukti berupa tayangan video pengumuman resmi nominasi IMA 2015 yang diunggah akun Official RCTI di situs berbagi video YouTube pun hilang secara tiba-tiba pada 19 Mei 2015.

"dan ternyata link https://www.youtube.com/watch?v=QmJvN3hGNLI&feature=youtu.be … yang menyajikan bukti para nominasi sdh di blok bbrp menit yg lalu hahaha..untung saya udah rekam," kicau Pongki lagi.

Para nomine ataupun netizen Twitter hingga kini masih menanti penjelasan resmi pihak RCTI. "Ok Jadi belum ada penjelasan resmi yah @OfficialRCTI tentang kisruh #IMA2015 hari ini yah ..???" tulis Glenn.

"Pertanyaan saya: apakah ada panitia/pihak TV yg menayangkan #indonesianmovieaward yg bs menjawab ini?," kicau Pongki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com