Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nidji Banyak Belajar dari Rhoma Irama

Kompas.com - 27/06/2015, 15:14 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup band Nidji mengungkapkan bahwa mereka banyak belajar dari pencipta lagu dan vokalis dangdut Rhoma Irama dalam hal mempertanggung jawabkan penulisan dan penciptaan lagu.

"Kami banyak belajar dari Rhoma Irama soal bertanggung jawab atas lagu yang kami buat. Beliau kan bikin lagu juga karena beliau bisa mempertanggungjawabkan apa yang ada dalam lagunya," kata vokalis Nidji, Giring Ganesha, dalam wawancara usai Nidji Ngabuburit Bareng Pemenang Kuis Terpaksa di Auditorium Yusuf Ronodipuro, RRI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (26/6/2015).

Bagi band yang juga dihuni Rama (gitar), Andro (bas), Randy (keyboard), Ariel (gitar) dan Adri (drum) tersebut, menulis sebuah lagu adalah hal yang tidak sembarangan karena mereka menilai bahwa di dalam lagu ada sebuah pesan yang ingin disampaikan dan harus bertanggung jawab atas isi lagu tersebut.

"Karena itu kami kalau membuat lagu itu juga enggak sembarangan, kami juga harus mempertanggungjawabkan isinya kan. Lagu kan secara tidak langsung bisa menjadi dakwah juga, ada pesan di dalamnya," tutur Giring.

Mereka mengatakan bahwa mereka tidak ingin membohongi orang dengan lagu mereka apabila mereka sendiri juga tidak bisa mempertanggung jawabkan isi lagu yang mereka ciptakan.

"Misalnya kami berpesan tapi kadang-kadang kami enggak nerapin kan ya kan sama aja kami bohongin orang dong," ujar Giring lagi.

"Makanya nulis lagu itu bukan hal yang sembarangan bagi kami," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com