Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indah Dewi Pertiwi: Penderita HIV/AIDS Jangan Dikucilkan

Kompas.com - 13/08/2015, 22:19 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Sebagai duta Yayasan AIDS Indonesia (YAIDS), vokalis Indah Dewi Pertiwi (IDP) menekankan pemahaman kepada masyarakat luas untuk tidak terpengaruh stigma negatif yang kerap diterima oleh pengidap HIV/AIDS. Indah mengatakan bahwa para penderita AIDS tidak boleh dikucilkan oleh masyarakat.

"Ya mereka itu harusnya tidak dikucilkan dan jangan dikucilkan," tutur Indah dalam wawancara usai jumpa pers #JakartaSadar yang digelar oleh Yayasan AIDS Indonesia (YAIDS) di Hotel Menara Peninsula, Tomang, Jakarta Barat, Kamis (13/8/2015).

Baginya, masyarakat harus tahu dan memahami lebih jauh mengenai HIV/AIDS agar mereka tidak mengucilkan para pengidap HIV/AIDS.

"Masyarakat juga harus tahu kalau salaman dengan pengidap HIV/AIDS itu tidak menyebabkan penularan. Tapi penularan terjadi karena behubungan seks dengan ganti-ganti pasangan dan juga karena memakai narkoba lewat jarum suntik. Masyarakat perlu tahu hal itu dan hal-hal detail lain mengenai HIV/AIDS agar mereka tidak dengan mudahnya mengucilkan seseorang yang mengidap penyakit itu," ujarnya.

"Semoga masyarakat semakin sadar dan paham akan hal itu," imbuh Indah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com