Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film "Battle of Surabaya" Akan Didistribusikan Walt Disney

Kompas.com - 19/08/2015, 19:06 WIB
Tri Susanto Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
-- Film Battle of Surabaya yang merupakan karya rumah produksi anak bangsa, MSV Pictures, mendapatkan kesempatan untuk didistribusikan ke wilayah Asia Pasifik oleh Walt Disney Pictures.

"Dilirik iya. Awalnya kami datang ke studio (Walt Disney Pictures) karena kunjungan pameran. Lalu, dari kunjungan dan ngobrol, nah dari obrolan itu mereka tertarik. Mereka juga kekurangan distribusi khususnya di Asia Pasifik. Dari situ kami (MSV Pictures) mendapatkan peran," ujar sutradara Battle of Surabaya Aryanto Yuniawan, dalam jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (18/8/2015).

Tak hanya soal distribusi, Disney juga terlibat dalam proses penggarapan Battle of Surabaya. Namun, bukan dalam urusan konten animasi, melainkan pengembangan sistem produksi. "Disney memberikan masukan, memberi saran, tapi bukan konten, melainkan sistemnya," ujar Aryanto.

"Jadi, Disney lebih membangun ke studio kami yang baru. Bagaimana mengelola SDM (sumber daya manusia) yang berjumlah 180 orang agar menyatu dalam satu kepala dan pikiran. Bahkan, Disney memberikan suatu budaya, kalau mau go international, film harus menggunakan Bahasa Inggris," ujarnya.

Film Battle of Surabaya yang menggunakan teknik animasi 2D tersebut bakal tayang di Indonesia pada 20 Agustus mendatang. Penyiar radio Ian Saybani, artis peran Reza Rahadian, dan vokalis Maudy Ayunda terlibat sebagai pengisi suara film tersebut.

Aryanto mengatakan, untuk tayang di luar negeri, ia akan memakai jasa pengisi suara dari negara lain. "Nanti dubber-nya orang asing kalau di luar, siapa-siapanya masih belum tahu," ucapnya.

Battle of Surabaya mengisahkan tentang Musa (13) yang merupakan remaja penyemir sepatu di kala peristiwa perang 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur. Ia kemudian mendapat misi menjadi kurir surat-surat pribadi para tentara dan milisi pejuang. Bersama dengan Yumna dan Danu, Musa banyak mengalami berbagai petualangan dalam menjalani tugasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com