Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Karya Franky Sahilatua dalam Album Terbaru Musikimia

Kompas.com - 17/09/2015, 16:21 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com -- Grup band Musikimia yang terdiri dari Stephan Santoso (gitar), Fadly (vokal), Rindra (bas), dan Yoyo (drum) menyisipkan salah satu lagu karya almarhum artis musik Franky Sahilatua, "Tamansari Indonesia", ke dalam album terbaru mereka yang akan dirilis pada Januari 2016 mendatang. Menurut Stephan, awalnya, Musikimia belum berpikir untuk memasukkan lagu tersebut dalam album mereka.

"Itu juga enggak sengaja sebenarnya. Pembuat film Soedirman pengin pakai salah satu lagunya Franky yang tentang Soedirman. Waktu ketemu istrinya, lagu yang cuma direkam di handphone itu juga ikut diperdengarkan olehnya. Waktu kami dengar yang 'Tamansari Indonesia' kami bilang, 'Wah ini bagus ya'. Tapi ketika itu belum ada niatan buat aransemen lagu itu. Waktu mau bikin album, akhirnya kami minta izin untuk menggunakannya," kata Stephan dalam wawancara usai hearing materi album baru Musikimia di CGV Blitzmegaplex, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2015).

"Jadi ini bisa dibilang takdir ya karena diperdengarkan lagu tersebut oleh Mbak Anti (istri Franky Sahilatua)," timpal Fadly.

Akhirnya "Tamansari Indonesia" diproduksi Musikimia bersama pemain bas Bondan Prakoso yang merupakan salah satu dari lima co-producer yang ditunjuk untuk membantu proses kreatif album terbaru ini. Kata Fadly, menyisipkan karya Franky merupakan wujud pelestarian karya-karya musisi legendaris Indonesia.

"Salah satu misi kami adalah melestarikan karya-karya musisi Indonesia yang legendaris. Itu jadi salah satu bentuknya," tuturnya. "Bisa dikatakan itu adalah sebuah penghormatan bagi beliau," imbuh Fadly.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com