Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minggu Pagi, Agnez Mo-Ahok Akan Deklarasikan "Janji Kasih"

Kompas.com - 19/09/2015, 23:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Vokalis Agnes Monica atau yang kini dikenal dengan sebutan Agnez Mo, bersama Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Sinta Nuriyah Wahid, beserta ribuan tokoh kenamaan akan menyatakan Deklarasi Gerakan Perdamaian (Janji Kasih). Kegiatan ini akan dilangsungkan di Balai Kota Jakarta, Minggu (20/9/2015) pukul 08.00 WIB, sebagai perayaan Hari Perdamaian Internasional.

Melalui musik dan seni, Agnez selalu mendorong kehidupan damai, terutama di kalangan penggemarnya. Deklarasi Gerakan Perdamaian pertama kali dicanangkan sebagai Janji Kasih dalam salah satu dari sekian banyak posting Agnez di media sosial Instagramnya yang memiliki pengikut 4,4 juta orang dan di sosial media Twitter dengan 14 juta pengikut.

Janji Kasih adalah upaya memulai gerakan kasih sayang dan saling memaafkan. Untuk semakin menyebarkan pesan ini, Janji Kasih kemudian menjadi bagian dari konser Agnez yang disiarkan di salah satu televisi nasional Indonesia.

Tanggapan publik terlihat luar biasa, kampanye dengan hashtag I #AMgenerationOfLOVE menjadi trending topic di banyak media sosial dan online. Sesuatu yang dimulai sebagai tindakan kecil, kini diikuti jutaan orang.

Menurut Agnez, "Peperangan yang kita hadapi sekarang bukan lagi peperangan melawan senjata-senjata. Peperangan yang sekarang terjadi adalah  peperangan melawan situasi negatif yang dialami sejak usia dini: rendah diri, pelecehan, penindasan di internet (cyber-bullying), depresi, dan keinginan bunuh diri. Hampir semuanya merupakan produk lingkungan yang tumbuh subur bersama perploncoan, cercaan, hinaan, dan menghalalkan segala cara untuk meraih tujuan walaupun merugikan orang lain."

Deklarasi Gerakan Perdamaian adalah komitmen untuk menjadi bagian dari perubahan. Untuk menjadi agen perdamaian dan kerukunan, memutus lingkaran negatif, dan membuat dunia yang lebih baik. Mungkin ini hanya langkah kecil, dari kerendahan hati dan keinginan untuk menjadi masyarakat yang lebih baik.

Ribuan orang akan mengambil langkah itu bersama-sama, melahirkan generasi harapan, Generasi Kasih. Acara ini akan diisi dengan penandatanganan plakat yang berisi Deklarasi Gerakan Perdamaian oleh Agnez, Ahok, dan Sinta Nuriyah Wahid. Para tokoh nasional dan internasional juga akan hadir dan membacakan deklarasi ini bersama. 

Agnez menyampaikan, "Ini adalah prestasi terbesar dalam hidup saya: dapat menggunakan diri saya untuk berbagi nilai-nilai yang paling saya percaya, kasih dan saling memaafkan. Saya sungguh merasa terhormat melihat gerakan I #AMgenerationOfLOVE yang saya mulai dan Janji Kasih yang saya tulis menjadi naskah Deklarasi Gerakan Perdamaian."

"Ini sungguh di luar perkiraan saya. Akan tetapi, saya percaya cinta kasih selalu menaklukkan kesulitan. Saya rasa ini menjadi bukti bahwa kasih dan saling memaafkan masih sangat berarti bagi banyak orang," tutur Agnez.

"Perdamaian yang paling besar adalah ketika kita berdamai dengan diri sendiri. Make peace with yourself. Ketika kita bisa menerima dan berdamai dengan kelebihan dan kekurangan kita, kita juga akan belajar untuk menerima kelebihan dan kekurangan orang lain; ketika kita bisa sungguh-sungguh mencintai dan menerima kekurangan kita, kita bisa mencintai dan memaafkan orang lain," jelasnya

Ketika ditanya apa arti perdamaian, Agnez punya jawabannya. "Saya ingin mengingatkan diri saya sendiri dan orang lain bahwa untuk menguasai dan mengatasi masalah dalam hidup, tidak harus dengan menggunakan amarah, kepahitan, dan dengki. Ada alternatif lain yaitu cinta kasih dan pengampunan," kata dia.

Agnez dan Wahid Institute mengundang para peserta untuk menunjukkan dukungannya pada Gerakan I #AMgenerationOfLOVE dan merayakan Hari Perdamaian Internasional 2015 dengan ikut serta dalam kegiatan ini yang dimulai pukul 08.00 WIB.

Agnez dan semua pihak yang mendukung berharap acara ini akan bergema ke seluruh pelosok Indonesia dan terus meluas. Selangkah demi selangkag, kita maju menuju dunia yang diwarnai dengan sikap positif dan kebersamaan. Pilihan ada di tangan kita.

Berikut adalah sumpah kasih atau Oath of Love berjudul I am Generation of Love oleh Agnez Mo:

I am love. I am generation of love.
I dont hate.
I dont gloat over my brother in the day of his misfortune.
I dont take pleasure in seeing peoples trouble.
I am generation of love.
I love. I forgive.
Hatred is my enemy.
Love is my bullet.

I will change the world
and the change starts within me.

I am generation of love.

This is My Oath

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kompas TV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com