Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jada Pinkett Smith Akan Boikot Oscar 2016

Kompas.com - 25/01/2016, 11:27 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Nominasi Academy Awards 2016 atau Oscar 2016, yang telah diumumkan pada 14 Januari 2016 di Hollywood, California, AS, rupanya menimbulkan kritik dari sejumlah artis peran Hollywood, termasuk Jada Pinkett Smith.

Oleh mereka, nominasi itu dianggap kurang mewakili keberagaman dan memasukkan lebih banyak artis peran kulit putih. Menurut mereka, hal itu sudah terjadi selama dua tahun terakhir.

Jada, yang termasuk artis peran kulit berwarna, merupakan salah satu dari mereka yang berseru lantang akan memboikot Oscar 2016.

Melalui akun resmi Facebook dan Twitter-nya, ia menyampaikan kritiknya.

"Dalam Oscars…orang-orang kulit hitam selalu disambut untuk memberikan penghargaan… bahkan untuk tampil, tetapi kami jarang sekali dikenal untuk pencapaian artistik kami," tulis Jada pada Sabtu (16/1/2016) waktu Hollywood.

Jada juga menambahkan bahwa ia merasa kecewa sekali.

"Haruskah orang-orang kulit hitam bersama-sama menahan diri dari partisipasi? Orang-orang hanya bisa memperlakukan kita sebagaimana kita diperkenankan. Dengan rasa hormat dalam kekecewaan yang mendalam, J," tulisnya lagi.

Bahkan, pada Selasa (18/1/2016), Jada juga mengunggah sebuah video pada akun Facebook-nya. Dalam video itu, ia mengungkapkan pendapatnya mengenai hal yang sama.

"Apakah ini waktu bagi orang-orang kulit hitam untuk mengenali seberapa besar kekuatan, pengaruh yang telah membuat kita takjub, yang kita tidak lagi butuh untuk meminta, untuk diundang di mana pun? Mungkin ini waktu bagi kita untuk mengenali bahwa jika kita mencitai dan menghormati dan mengakui diri kita di jalan di mana kita meminta orang lain untuk melakukannya, itu tempat kekuatan yang sesungguhnya," tuturnya dalam video tersebut.

"Memohon pengakuan atau bahkan meminta itu, mengurangi martabat dan mengurangi kekuatan, dan kita merupakan orang-orang yang bermartabat, dan kita merupakan orang-orang yang memiliki kekuatan. Mari kita tidak melupakannya," sambungnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com