Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memulai Bisnis ala Daniel Mananta

Kompas.com - 21/02/2016, 09:07 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com — Menjadi kaya raya ternyata bukan alasan utama presenter kondang Daniel Mananta memulai bisnis mode dengan membuka gerai DAMN I Love Indonesia.

Menurut dia, ada hal yang lebih penting dari meraup keuntungan untuk memulai bisnis.

"Pertama, lo harus tahu produk yang mau lo jual. Kedua, yang paling penting, lo tahu misi lo menjual produk itu apa, dan kenapa menjual produk itu," kata mantan VJ MTV itu saat berbincang dengan Antaranews.com di salah satu gerai DAMN I Love Indonesia di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Daniel mencontohkan, ketika memulai bisnis mode sejak 28 Oktober 2008, dia berniat membangkitkan kecintaan anak-anak muda kepada budaya Indonesia yang dinilainya mulai meluntur.

Bagi pembawa acara kontes menyanyi tersebut, alasan atau misi membangun bisnis sangatlah penting, terlebih bisnis tersebut dapat memengaruhi masyarakat sekitar.

Langkah selanjutnya adalah implementasi bisnis itu dengan tetap konsisten pada tujuan awal.

"Kalau ada yang bilang, waduh enggak profit, ya gapapa. Beberapa tahun kemudian, orang-orang akan ngeliat, wow bener nih Daniel emang campaign-nya untuk Indonesia, dan mereka akan support tujuan gua juga," ujar Daniel.

Menurut pria yang juga memproduseri film Killers ini, banyak perusahaan yang mulai bergeser dari corporate social responsibility (CSR) menjadi CSV atau creating social value, yakni memasukkan nilai-nilai yang dipegang masyarakat sekitar ke dalam model bisnis perusahaan.

Model bisnis yang diadopsi dari Profesor Michael Porter asal Harvard University tersebut dinilai mampu menggerakkan masyarakat untuk mendukung visi mulia melalui bisnis.

"Kalau sudah begitu, sooner or later lo akan menjadi besar, asal lo straight  sama misi sosialnya," ujar Daniel.

Delapan tahun menjalankan bisnis, putra dari Mila Mananta ini sering merasakan jatuh bangun, tetapi ia mengaku bahwa permasalahan kerap datang dari internal perusahaan.

Untuk mengatasinya, CEO DAMN I Love Indonesia ini mengatakan, yang paling penting adalah bagaimana caranya mengelola orang-orang di dalam perusahaan untuk akhirnya menjadi tim juara.

Selain itu, tekan ego untuk mewujudkan misi dan keberlangsungan bisnis menjadi hal yang perlu dilakukan untuk bertahan.

"Yang namanya pacaran saja banyak berantemnya, marriage juga berantem, sahabatan juga, apalagi ngomongin soal duit. Nah, kalau kita bisa terus bertahan, dan kita fokus sama satu bisnis, gue yakin itu bisnis bakal membesar," ujar Daniel.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com