Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quentin Tarantino Keluhkan Kostum Filmnya Tak Masuk Nominasi Oscar

Kompas.com - 26/02/2016, 12:47 WIB
Yulianus Febriarko

Penulis

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Karakter-karakter ciptaan sutradara Quentin Tarantino, dari The Bride dalam film Kill Bill hingga Django dalam film Django Unchained, dikenal berkat kostum yang mereka kenakan.

Sementara skenario film-filmnya memenangi penghargaan Oscar, tidak ada satu pun kostum karakter filmnya yang masuk nominasi Best Costume Design dalam Oscar.

Tarantino mengeluhkan hal tersebut ketika hadir dalam acara Costume Designers Guild Awards di Los Angeles, California, baru-baru ini.

"Tidak ada satu pun perancang kostum film saya yang masuk nominasi Oscar, karena saya tidak membuat film yang berisi adegan dansa dengan ratusan figuran di dalamnya," kata Tarantino lalu tertawa.

"Namun, kami memiliki sesuatu yang lain. Kami memiliki pesta Halloween," sambungnya.

"Selama 20 tahun ini, saya pergi ke pesta-pesta Halloween dan saya melihat seorang berkulit putih dan seorang berkulit hitam mengenakan kostum Jules dan Vincent seperti dalam film Pulp Fiction," katanya lagi.

"Saya melihat seorang perempuan berambut pirang mengenakan busana berwarna kuning dengan potongan berwarna hitam. Sejujurnya, saya selalu berpikir bahwa hal itu merupakan penghargaan terbesar," sambungnya.

Tarantino mengaku bahwa ia selalu memilih kostum filmnya secara serius. Ia menjelaskan hal itu dengan film pertamanya, Reservoir Dogs sebagai contoh.

"Ïtulah mengapa saya berpikir keras tentang pemilihan setelan hitam untuk semua karakter dalam Reservoir Dogs. Saya pikir hal itu akan menjadi sesuatu yang menarik, setiap pria terlihat keren dengan setelan jas hitam," ucapnya.

"Dan, ketika tahun-tahun 1990-an berjalan, jika Anda mengenakan setelan jas hitam, Anda terlihat seperti gangster. Terlihat keren," ucapnya lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com