Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seiring Oscar 2016, Museum Pamerkan Kostum "Cinderella" hingga "Star Wars"

Kompas.com - 27/02/2016, 19:00 WIB
HOLLYWOOD, KOMPAS.com -- Sejumlah kostum film Hollywood terkenal kini sedang di pamerkan di museum Fashion Institute of Design and Merchandising (FIDM), Los Angeles, California, AS.

Pameran itu diadakan dalam rangka Academy Awards atau Oscar 2016, yang pergelarannya akan diselenggarakan di Dolby Theatre, Hollywood, pada Minggu (28/2/2016) waktu setempat.

Salah satu kostum yang dipamerkan adalah gaun indah Cinderella yang dikenakan oleh aktris Lily Collins dalam film Cinderella.

"Satu gaun Cinderella ini menggunakan bahan sepanjang kira-kira 228 meter," terang Nick Verreos, juru bicara FIDM.

"Ada sembilan gaun yang identik dibuat untuk film ini. Duplikatnya diperuntukkan bagi pemeran pengganti pertama dan kedua, atau untuk cadangan,' tuturnya.

"Total jahitannya hampir sepanjang lima meter dan total bahannya lebih dari 1.600 meter," terangnya lagi.

Pameran kostum film itu merupakan pameran tahunan dalam rangka Oscar.

Lebih dari 100 kostum dari 23 film dipamerkan tahun ini, tak terkecuali karya para perancang kostum lima film yang masuk nominasi kategori Best Costume Design dalam Oscar 2016 dipamerkan.

Kelima film itu adalah Cinderella, Carol, Mad Max: Fury Road, The Revenant, dan The Danish Girl.

"Semula kami sangat khawatir tentang bagaimana Eddie bisa terlihat seperti perempuan tulen," kata Paco Delgado, perancang kostum yang dikenakan aktor Eddie Redmayne, yang berperan sebagai seorang transgender dalam The Danish Girl.

"Kami mulai dari awal dengan bertukar ide, mencoba-coba berbagai pola, warna, dan bahan, sampai akhirnya menemukan kostum yang tepat," katanya lagi.

Dari pameran tersebut, yang menjadi favorit para pengunjung adalah kostum film Star Wars.

"Yang paling digemari pengunjung adalah kostum Star Wars, karena kostum ini menarik minat para pengunjung yang pada umumnya tidak tertarik datang ke pameran kostum," terang Verreos.

Menurut Verreos, pameran itu merupakan pameran satu-satunya di dunia yang menampilkan kostum dari film-film blockbuster dan nominasi Oscar.

Pameran teresbut dibuka untuk umum secara gratis sampai 30 April 2016 waktu setempat. (Vina Mubtadi dan Naratama Rukmananda/dw)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com