Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2016, 04:42 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Kabar duka datang dari musisi jazz kenamaan Ireng Maulana. Gitaris bernama lahir Eugene Lodewijk Willem Maulana itu meninggal dunia dalam usia 71 tahun.

Kabar duka ini diumumkan langsung melalui layar video yang terpasang di semua panggung BNI Java Jazz Festival 2016 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (6/3/2016).

"Keluarga besar Java Jazz Festival Production dan Trans Corp Turut Berbela Sungkawa Atas Wafatnya Tokoh Musisi Jazz Bapak Ireng Maulana Pada Hari Minggu 6 Maret 2016 pukul 00.25 WIB. Semoga Amal Ibadah Almarhum Diterima Disisi Allah SWT. Amin," isi pesan duka tersebut.

Merujuk pada Wikipedia, mendiang Ireng Maulana adalah putra dari pasangan Max Maulana dengan Georgiana Sinsoe. Bakat musiknya menurun dari ayahnya, seorang pemain gitar asal Cirebon, dan ibunya, asal Sangir, adalah seorang penyanyi yang pandai memainkan piano. Nama Ireng diperoleh pada masa kanak-kanak.

Pada 1978, dia mendirikan grup Ireng Maulana All Stars dengan delapan anggota, antara lain Benny Likumahuwa (trombone), Hendra Wijaya (piano), Maryono (saksofon), Benny Mustapha (drum), Karim Tes (trompet), Roni, (bas), dan Ireng Maulana sendiri pada gitar dan banjo.

Kelompok ini terus berkembang hingga terbentuknya Ireng Maulana Associates, sebuah organisasi tempat bergabung para musisi jazz di Jakarta. Dengan lembaga ini pula Ireng menyelenggarakan pesta musik jazz internasional, Jakarta Jazz Festival. Selain itu, ia juga pernah ikut tampil di North Sea Jazz Festival di Belanda.

Selamat jalan Ireng Maulana...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com