Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Ireng Maulana, Ada Risiko pada Festival Jazz Gratis

Kompas.com - 18/09/2015, 13:47 WIB
Andi Muttya Keteng Pangerang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemusik jazz kawakan Indonesia Ireng Maulana (71) berpendapat bahwa ada risiko pada festival musik jazz yang ditonton secara gratis, alias tanpa tiket masuk berbayaran.

"Enggak bicara industri, lebih kepada datengin penonton, itu yang harus diusahakan, di situlah risikonya," kata sang gitaris kepada para wartawan usai menghadiri jumpa pers Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015 di fX Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (16/9/2015).

Salah seorang pencetus Jakarta International Jazz Festival atau JakJazz ini menjelaskan, karena gratis, sebuah acara dengan jenis musik yang belum banyak peminatnya di Indonesia, tak terkecuali jazz, biasanya ditonton oleh siapa saja dan cenderung oleh mereka yang bukan penyuka musik itu.

"Beda kalau orang yang rela bayar karena pengin nonton, sama yang gratis. Di sini (Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015) kan enggak bayar, gratis, itulah risikonya. 'Gue datang jam segini aja deh.' Gitu, he he he," ucapnya.

Kondisi itulah yang, menurut Ireng, menjadi tantangan besar bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta selaku panitia Enjoy Jakarta Jazz Festival, yang baru kali pertama diadakan tahun ini.

"Panitianya harus pinter gaet kiri kanan, supaya penonton tahu ada acara ini, karena ini festival yang bagus, sangat bagus," ujarnya.

Dalam Enjoy Jakarta Jazz Festival 2015, yang akan digelar pada 19 September 2015, pukul 13.00-23.00 WIB, di Plaza Barat Senayan, Jakarta Pusat, Ireng akan tampil dalam formasi Ireng Maulana & Friends.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com