Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikalahkan Sam Smith di Oscar, Lagu Lady Gaga Tetap Lebih Laris

Kompas.com - 10/03/2016, 07:42 WIB
KOMPAS.com - Penyanyi Inggris Sam Smith berhasil merebut piala Oscar untuk kategori lagu tema film terbaik.

Dengan "Writings on the Wall", yang merupakan lagu tema film James Bond Spectre, Smith mengalahkan empat penyanyi lain, termasuk Lady Gaga.

Kemenangan itu ternyata berdampak besar pada penjualan lagunya. Seminggu menjelang Oscar lagu itu terjual sekitar 4.000 melalui pengunduhan digital.

Menurut catatan Nielsen Music, setelah Oscar, terhitung sejak 3 Maret 2016, penjualannya melonjak, menjadi hampir 22.000 pengunduhan digital.

Itu artinya lonjakan penjualannya mencapai 466 persen.

Meskipun demikian, Lady Gaga-lah yang meraup untung paling besar. Meskipun lagunya, "Til It Happens to You" kalah dari Sam Smith, penjualannya setelah Oscar melejit jauh lebih tinggi.

Menjelang perhelatan Academy Awards, terhitung hingga 25 Februari, lagu itu diunduh digital kurang dari 2.000. Namun lagu yang ditulisnya dengan Dianne Warren itu langsung diunduh sebanyak 28.000.

Lonjakan 2.120 persen bagi penjualan lagu tema The Hunting Ground, film dokumenter tentang pemerkosaan di kampus-kampus Amerika.

Ketika membawakan lagu itu di panggung Oscar pada Minggu (28/2/2016) lalu, Gaga didampingi 50 korban kekerasan seksual. Gaga sendiri mengaku menjadi korban pemerkosaan di usia 19 tahun.

Berdasarkan keterangan di kanalnya di YouTube, sebagian keuntungan dari penjualan lagu itu akan didonasikan kepada organisasi-organisasi yang membantu para penyintas kekerasan seksual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com